Gelaran UTBK 2019 di Kampus Unesa Berjalan Lancar

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang resmi dimulai serentak secara nasional pada sabtu, (13/4) lalu secara resmi berakhir pada Minggu (26/5/2019). Hal ini juga berlaku bagi UTBK yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai salah satu penyelenggara di area Surabaya.

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Penanggung jawab UTBK Unesa, menjelaskan, UTBK ini wajib diikuti karena merupakan salah satu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dan UTBK yang berlangsung serentak setiap akhir pecan (sabtu dan minggu) yang diselenggarakan di Unesa berjalan lancar tanpa ada hambatan maupun kendala baik secara teknis maupun non teknis.

UTBK ini memang dibuat untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu, sekaligus memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk ikut tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes,” terangnya pada awak media di Gedung Rektorat Unesa Kampus Lidah Surabaya, Sabtu (25/5/2019).

Gelaran UTBK 2019 di Kampus Unesa Berjalan Lancar

Bambang juga mengakui bahwa UTBK ini memiliki banyak keunggulan, selain lebih transparan dan terukur secara proses, untuk nilai pun dapat diketahui lebih cepat, hanya kurang lebih 10 hari setelah tes.

“Sebagai informasi, untuk UTBK tahun ini, peserta memang diberikan kesempatan mengikuti tes dua kali dengan nilai terbaik yang dapat digunakan untuk mendaftar ke jurusan yang diinginkan,” terang Bambang.

Bambang juga menjelaskan bahwa dari total 30.023 peserta yang terdaftar, sebanyak 1.024 peserta tercatat tidak hadir dalam UTBK kali ini.

“Mereka yang tidak ikut atau tidak hadir ini, bisa jadi karena mereka sudah diterima di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), atau juga karena mendaftar di Universitas swasta lainnya,” tambahnya.

Dalam UTBK kali ini, lanjut Bambang, Unesa menggandeng empat mitra yaitu Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya (Unusa), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa), SMK 1 dan SMK 12 Surabaya.

“Dengan demikian, dalam melakukan UTBK, peserta terbagi di enam lokasi, yaitu di Kampus Unesa Lidah sebanyak 6649 peserta, Unesa Ketintang 6075 peserta, di Uinsa ada  4000 peserta, di Unusa sebanyak 2900 peserta, di SMKN 1 ada 6000 peserta, dan di SMKN 12 tercatat  4399 peserta,” pungkas Bambang. (men)

Leave a Reply