Resmikan Laboratorium Tenis, Unesa siap tingkatkan Prestasi Olahraga

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Universitas Negeri Surabaya siap mendukung peningkatan prestasi olahraga baik tingkat lokal, regional, dan Internasional. Komitmen tersebut ditegaskan Prof. Dr. Nurhasan, M.kes, Rektor, dalam peresmian Laboratorium Mata Kuliah Tenis di kampus Lidah Wetan selasa sore (28/5/2019).

Dalam sambutannya, Nurhasan mengakui Unesa terus berupaya melengkapi fasilitas olahraga. Ia menyebut saat ini, kampus memiliki dua fasilitas olahraga indoor dan satu outdoor.

Resmikan Laboratorium Tenis, Unesa siap tingkatkan Prestasi Olahraga

“Ke depan kita akan tambah dua fasilitas indoor lagi. kami bersemangat untuk terus melengkapi karena selama ini fasilitas sport science Unesa ini dianggap yang terbaik, banyak atlet jawa timur pernah tes atau berlatih di sini,” terangnya.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) ini mengaku penambahan dan pengembangan fasilitas tersebut tak lain untuk meningkatkan prestasi. Ia menyebut Unesa siap bekerja sama dengan pihak manapun yang berkepentingan memajukan kejaayaan bangsa melalui olahraga

Resmikan Laboratorium Tenis, Unesa siap tingkatkan Prestasi Olahraga

“Kami terus membuka diri terhadap beragam bentuk kerja sama. Intinya, untuk kepentingan prestasi kami siap mendukung, termasuk ke depan ini Unesa siap mem-backup Dispora Jatim untuk menyiapkan atlet menuju PON 2020”, tegasnya.

Sementara, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, P.hd, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kementerian Riset dan Pendidikian Tinggi, yang meresmikan laboratorium tersebut mendukung misi Unesa mengembangkan fasilitas olahraga. Ia menyebut Universitas harus menghasilkan SDM yang tidak hanya memiliki karakter pemenang tetapi juga kompetensi.

“Unesa saya anggap sudah siap dan saya meyakini setelah memiliki gedung ini prestasinya lebih bagus. Semoga ke depan dapat melahirkan atlet dan SDM berprestasi setelah terus melengkapi fasilitas”, terangnya

Selain sarana dan prasarana fisik, Ali meminta kampus mengembangkan metode pelatihan dan pembelajaran berbasis teknologi. Ia menyebut di era Revolusi Industri 4.0 pemanfaatan teknologi menjadi keharusan.

“Tidak cukup fisik saja tetapi saya berharap ada model yang dikembangkan berbasis teknologi. Misalnya setelah lapangan tenis ini, ada pengembangan software yang melatih skill tenis”, lanjutnya

Dalam agenda peresmian tersebut, hadir pula sejumlah pejabat kampus LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) seperti Prof. Dr. Sutrisna Wibawa M.Pd, rektor Universitas Negeri Yogyakarata,  Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja Bali, Prof. Drs. John Hendri, M.Si, Ph.D, Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Negeri Gorontalo, serta perwakilan dari Dispora Jatim, Kepolisian Daerah Jatim, Kodam V Brawijaya, serta Kejaksaan Tinggi Jatim. Setelah jeda untuk buka puasa kegiatan ditutup dengan eksebisi bermain tenis. (men)

Leave a Reply