Penukaran Uang Baru Lancar, BI akan Tingkatkan lagi pada Lebaran Tahun Depan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Seperti biasanya, setiap menjelang lebaran, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) selalu melakukan kegiatan penukaran uang baru bagi masyarakat.

Kepala KPw BI Jatim, Difi A Johansyah mengatakan, pihaknya bersyukur bahwa pelaksanaan penukaran uang baru pada edisi lebaran 2019 kali ini berjalan sangat baik dan lancer.

“Untuk itu atas nama KPw BI Jatim mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepadsa Kepolisisan, Kodam V  Brawijaya yang telah memberikan tempat lapangan Makodam V Brawijaya sebagai tempat penukarean uang baru, serta pada masyarakat yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujarnya disela-sela Halal-Bihalal KPw BI Jatim, di Rumah Dinas KPw BI Jatim di jalan Raya Darmo Surabaya, Selasa (11/6/2019).

Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Difi A Johansyah

Difi juga menyampaikan bahwa langkah ini dilakukan untuk membantu mempermudah masyarakat dalam mendapatkan uang pecahan baru tanpa penambahan biaya penukaran seperti yang terjadi di jalan-jalan selama ini.

“ya memang ada pengaruhnya bagi mereka yang biasa “berjualan” uang baru di jalan-jalan kalau menjelang lebaran. Tetapi ini kita lakukan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat banyak, karena dengan menukar uang di tempat resmi, masyarakat akan terhindar dari kemungkinanan adanya uang palsu dan kerugian akibat selisih nilai,” tambah Difi.

Kegiatan penukaran uang baru yang berjalan lancar ini juga dikarenakan BI menambah jumlah titik-titik penukaran serta mencoba memperbaiki system penukarannya. Kedepan, BI akan terus berusaha memperbaiki kekurang-kekurangan persoalan penukaran uang pecahan baru ini.

Kepala KPw BI Jatim mengatakan penukaran uang baru lancar, BI akan tingkatkan lagi pada Lebaran tahun depan

“Untuk perbaikan kedepan, kami akan melakukan evaluasi agar lebih baik lagi. Bisa jadi untuk puasa Lebaran tahun depan BI akan memperbanyak lagi tempat-tempat penukaran uang baru, khususnya didaerah-daerah terpencil, agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan uang baru  untuk keperluan Lebaran,” tambahnya.

Diketahui, pada momen Ramadhan dan Lebaran 2019, BI menyiapak penukaran uang baru sebesar Rp 33,4 triliun atau meningkat 12% dibandingkan realisasi periode Ramadhan tahun 2018.. Sedang untuk estimasi kebutuhan uang di Kota Surabaya diproyeksikan sebesar Rp 17,10 triliun atau meningkat 15% dibandingkan 2018 yang mencapai angka Rp 14,90 triliun. (men)

Leave a Reply