GKR Hemas Nilai Bakal Banyak Aksi Legislasi Menarik di DPD RI 2019-2024

JAKARTA (kabarsurabaya.com)  Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyatakan profil anggota baru Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024 menjanjikan kualitas lembaga yang lebih baik. Hal itu didasari dari hampir tujuh puluh persen didominasi  perwakilan dari tokoh muda.

“Tujuh puluh persen orang muda, 30 persen perempuan, dan sekitar 80 persen punya pengalaman politik. Itu jelas menggambarkan kualitas,” ujar GKR Hemas.

SAMPAIKAN PEMIKIRAN: Gusti Kanjeng Ratu Hemas saat menyampaikan pemikirannya di salah satu kegiatan aktivitas menjadi DPD RI.

GKR Hemas sendiri kembali mendapat amanat rakyat untuk period eke empat kalinya sebagai anggota DPD RI. Tercatat GKR Hemas menjadi anggota pada periode pertama lembaga tersebut, yakni 2004-2009. Kala itu dirinya mendapat prosentase suara tertinggi se-Indonesia.

Hal yang sama juga ketika dirinya 4 kali maju Pileg DPD juga meraih kepercayaan masyarakat dengan suara selalu tertinggi. Untuk periode pertama, misalnya namanya meroket karena mengusulkan perubahan kelima UUD 1945.

“Amendeman UUD 1945 diperlukan untuk memperkuat kewenangan DPD agar lebih bermanfaat bagi daerah,” katanya waktu itu.

Sedangkan di dua periode berikutnya, ia dipercaya duduk sebagai wakil ketua lembaga tersebut. Selama kepemimpinannya, DPD menghasilkan kuantitas keputusan lebih banyak dibanding periode saat ini. Dimana periode 2009-2014, misalnya, dihasilkan 319 Keputusan.

Begitu juga dilihat dari sisi kualitas keputusan yang dihasilkan, pada masa kepemimpinannya terwujud UU Kelautan, UU Desa, yang manfaatnya dirasakan daerah. “Baru pada periode 2019-2024 saya melihat peningkatan kualitas anggota yang begitu signifikan,” tegasnya.

Hal itu berdasarkan analisanya karena adanya keseimbangan yang baik antara politisi senior dan yunior.

BERI HARAPAN BARU 

Hemas juga mengungkapkan adanya keseimbangan kualitas anggota dari daerah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat. “Berkualitas semua, termasuk yang muda. Bahkan, yang paling muda pun punya pendidikan yang tinggi dan pengalaman profesional “milenial” yang bagus,” katanya.

Ia menilai kondisi itu bisa memberi harapan baru bagi DPD RI. Mengapa? Karena DPD dinilai mempunyai tujuan utamanya mewakili kepentingan daerah di parlemen. “Dengan kualitas anggota yang lebih baik, tentu fungsi-fungsi dapat dijalankan dengan lebih baik pula,” tegasnya.

Melihat profil anggota baru tersebut, Hemas optimis kualitas lembaganya akan lebih baik dan memberi daerah hasil yang lebih baik pula. “Kita akan melihat aksi-aksi legislasi yang menarik dan bermanfaat ke depan,” pungkasnya penuh optimis. (Ningsih)

Tags: , ,

Leave a Reply