Danone-Aqua Gelar Final AQUADNC Ke-16

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – Final Nasional Aqua Danone Nations Cup (AQUADNC), kompetisi sepak bola U-12 terbesar di Indonesia dan dunia kembali diselenggarakan di Jakarta. Sebanyak lebih dari 70.000 anak dari hampir 5.000 tim dari seluruh Indonesia telah berjuang untuk melewati babak seleksi regional sejak Maret 2019.

Kini ada 200 anak terpilih yang mewakili 16 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan kesempatan bertanding di Final Dunia Danone Nations Cup di Barcelona, Spanyol pada Oktober 2019 mendatang.

Sejak pertama kali diselenggarakan, AQUADNC terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan sepak bola tanah air dan telah terbukti menjadi batu loncatan untuk meniti karir sepak bola anak-anak seluruh Indonesia.

Danone-Aqua Gelar Final Nasional Aqua Danone Nations Cup Ke-16

Saat ini, sekitar 50% dari Tim Nasional Indonesia terdiri dari alumni AQUADNC, salah satunya adalah Andik Vermansah yang kini digandeng AQUADNC sebagai national ambassador. Prestasi dan sepak terjang Andik merupakan inspirasi bagi anak-anak Indonesia yang memiliki mimpi di dunia sepak bola.

Peran AQUADNC dirasakan pula oleh Fadilah Nur Rahman, pemain bertahan Tim Nasional Indonesia U-16 yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam piala AFF 2018 pada tingkat U-16.

“Saya memulai karir sepak bola dengan mengikuti AQUADNC tahun 2013. Waktu itu saya berumur 12 tahun,” papar Fadilah pada konferensi persi pembukaan Final Nasional AQUADNC.

Awalnya, menurut Fadilah, ia tidak tahu kalau dapat menjadi seorang pemain bola profesional.

Danone-Aqua Gelar Final AQUADNC Ke-16

“AQUADNC membuka jalan bagi saya, sehingga saya mendapatkan pengalaman, keterampilan, dan kepercayaan diri hingga saya dapat berlaga mewakili Indonesia,” tambah Fadilah.

AQUADNC percaya sepak bola dapat membentuk karakter anak-anak Indonesia. Oleh karena itu, dalam AQUADNC, anak-anak tidak hanya berkumpul dan berkompetisi, tapi juga bisa berpartisipasi dalam serangkaian coaching clinic yang telah disiapkan Danone-Aqua, untuk membantu perkembangan karakter dan kemampuan mereka.

Rangkaian program ini terbuka untuk umum, baik untuk siswa sekolah sepak bola maupun sekolah umum. Selain itu, AQUADNC juga menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan orangtua secara aktif seperti permainan foosball. Harapannya, agar orangtua bisa lebih memahami dan dekat dengan aspirasi anak-anaknya di dunia sepak bola.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi mengatakan bahwa budaya berolahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tapi harus melalui proses berjenjang dan berkesinambungan.

“Kami sangat mengapresiasi Danone-Aqua yang selama 15 tahun terakhir telah mengadakan AQUADNC sebagai wadah pembinaan dan pengembangan usia dini untuk talenta-talenta muda pesepakbola Indonesia dalam menunjukkan dan mengembangkan bakatnya bahkan hingga ke taraf internasional,” terangnya.

Sementara Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-Aqua mengatakan, AQUADNC adalah salah satu wujud komitmen Danone-Aqua menyebarkan nilai-nilai kebaikan. Dengan memfasilitasi para talenta muda berbakat, Danone-Aqua berharap untuk terus mendukung, berkontribusi, dan mendorong mereka mengejar impian mereka, serta memajukan sepak bola di Indonesia.

“Selain itu, kami percaya festival sepak bola ini akan semakin menjadi media untuk mengembangkan nilai-nilai semangat pantang menyerah, sportivitas, kerja sama, kejujuran, dan saling menghormati di masa depan,” tutup Ricardo. (men)

Leave a Reply