Luncurkan Prodia Genomik, Klinik Prodia Gelar Seminar Pemeriksaan Genomik untuk Dokter di 18 Kota

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Manusia memiliki sekitar 100 trilyun sel di dalam tubuhnya. Dan di setiap sel terdiri dari kromosom yang tersusun dari susunan DNA. Susunan DNA tersebut disetiap manusia 99,9% sama, namun terdapat 0,1% perbedaan. Perbedaan tersebut telah menghasilkan keragaman seperti tinggi badan, wama rambut, wama mata, wama kulit serta kerentanan terhadap penyakit.

Memasuki era Next Generation Medicine, Laboratorium Klinik Prodia terus berinovasi dengan meluncurkan pemeriksaan Genomik yang disebut Prodia Genomik. Pemeriksaan genomik dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, tergantung jenis pemeriksaannya, misalnya memperkirakan risiko, diagnosis, monitoring serta pemilihan obat dan gaya hidup berdasarkan gen.

Masih minimnya pengetahuan tentang pemeriksaan Genomik inilah yang melatarbelakangi Laboratorium Klinik Prodia untuk mengadakan roadshow seminar dokter dengan tema “Good Doctor for Better Disease Prevention Seminar on Disease Prevention Through The Power of Genomic testing” di 18 kota besar.

Luncurkan Prodia Genomik, Klinik Prodia Gelar Seminar Pemeriksaan Genomik untuk Dokter di 18 Kota

Untuk kota Surabaya, kegiatan seminar ini dilakukan di Gedung IDI Surabaya, dengan menghadirkan pembicara, diantaranya; Prof. Gerard Pals, PhD, Dr. dr. Sony Wibisono Sp.PD-KEMD, FINASIM, dr. Dewa Ayu Liona Dewi SpGK M.Kes, Dr. Trilis Yulianti M.Kes dan moderator Dr. dr. Gatot Soegiarto S-PD-KAI FINASIM.

“Dalam pengaplikasian di bidang medis, adanya pemeriksaan genomik membuka paradigma baru dalam menilai risiko penyakit yang mendukung preventive medicine, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” terang dr. Dewa Ayu Liona Dewi SpGK M.Kes.

Prodia memiliki dedikasi tinggi untuk terus mengembangkan pemeriksaan-pemeriksaan terbaru dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dan salah satunya adalah dengan menyediakan layanan Prodia Genomics, untuk pemeriksaan genomik dengan menggunakan teknologi terbaru seperti microarray. Dengan demikian, saat ini pemeriksaan genomik di Indonesia tidak perlu lagi harus dikirim ke luar negeri, tapi sudah bisa dilakukan di Prodia.

Adapun pemeriksaan genomik yang ditujukan untuk menilai risiko terhadap beberapa penyakit yang saat ini sudah tersedia di Prodia, diantaranya adalah CArisk, untuk melihat risiko terhadap beberapa jenis kanker. Ada juga DIArisk untuk melihat risiko terhadap penyakit diabetes dan beberapa penyakit tcrkait diabetes. Dan dalam waktu dekat juga akan hadir pemeriksaan lainnya yaitu CVDrisk untuk melihat risiko penyakit kardiovaskular, TENSrisk untuk melihat risiko penyakit hipertensi, IMMUNErisk untuk melihat risiko penyakit autoimun, serta Prodia Wellness Genomics untuk melihat risiko beberapa jenis penyakit.

Selain untuk menilai risiko penyakit, Prodia Genomik juga menyediakan pemeriksaan Prodia Nutrigenomics untuk gaya hidup yang tepat berdasarkan profil genomik dan Prodia Phannacogenomics untuk memandu pemilihan obat yang tepat dan dosis terapi. (men)

Leave a Reply