BPJS Kesehatan Permudah Aktifasi Auto Debit lewat Aplikasi Mobile JKN

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Seperti diketahui, BPJS Kesehatan memberlakukan kewajiban bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja untuk melakukan pembayaran dengan metode auto debit.

Dan untuk semakin mempercepat target penerapan auto debet yang diterapkan BPJS Kesehatan kepada semua peserta JKN–KIS, maka berbagai inovasi terus dilakukan BPJS Kesehatan.

Salah satunya adalah dengan diluncurkannya fltur registrasi auto debit pada aplikasi Mobile JKN (Bank dan Non Bank) dan USSD. Fitur yang diluncurkan pada tanggal 29 April 2019 ini, kini telah dapat digunakan sepenuhnya oleh peserta program JKN – KIS yang ingin melakukan pendaftaran auto debit.

BPJS Kesehatan Permudah Aktifasi Auto Debit lewat Aplikasi Mobile JKN

Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Dhani Rahmadian menjelaskan, konsekuensi dari penerapan kebijakan BPJS Kesehatan memang mengharuskan peserta JKN–KIS wajib memiliki aplikasi mobile JKN. Dan dengan adanya fitur registrasi auto debit dalam aplikasi mobile JKN, tentunya akan memudahkan peserta JKN – KIS.

“Sementara ini, masih banyak peserta yang mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan aktifasi secara manual atau melakukan proses pendaftaran auto debit dengan cara melakukan pengisian formulir yang di sediakan oleh empat bank mitra BPJS (Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA), barulah peserta melakukan proses pendaftaran auto debit, ” terangnya saat ditemui di kantornya, Kamis (15/8/2019/).

Dengan aplikasi Mobile JKN ini, lanjut Dhani, diharapkan dapat mempermudah peserta, karena tidak perlu lagi dating ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengisi formulir seperti cara pendaftaran manual.

“Didalam fitur Mobile JKN ini, selain akses kemudahan yang bisa didapat, juga untuk auto debit peserta cukup melakukan koneksi melalui bank Mandiri untuk melakukan aktifasi,” ungkap Dhani sambil  sambil menghimbau agar peserta yang ingin melakukan pendaftaran peserta baru maupun hanya pendaftaran auto debit untuk menggunakan fitur Mobile JKN.

Meski fitur registrasi auto debit yang tersedia pada Mobile JKN saat ini baru dapat mengakomodasi peserta yang memiliki rekening bank Mandiri, namun untuk yang tidak memiliki rekening bank juga bisa melalui uang elektronik milik Finnet (Mobile Cash) dengan validasi menggunakan OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS.

Bahkan bagi peserta yang tidak memiliki rekening bank dan smartphone sama sekali, juga dapat melakukan pendaftaran auto debit secara realtime online dengan Mobile Cash melalui USSD dengan menekan ‘141’999# bagi pelanggan telkomsel.

Sementara untuk peserta JKN – KIS yang berada di daerah namun belum terjangkau dengan layanan bank (non bankable), Dhani menegaskan bahwa peserta tetap dapat melakukan auto debit non bank.

“PT. Finnet Indonesia hadir sebagai penyelenggara layanan auto debit via Mobile Cash telah menyediakan Kanal Top Up (isi ulang) akun Mobile Cash (MC). Top Up dapat dilakukan melalui kantor pos atau di alfamart terdekat,” pungkas Dhani. (men)

Leave a Reply