Bank OCBC NISP Ajak Atlet eSport Jago Kelola Keuangan

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – Sejalan dengan komitmen Bank untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, Bank OCBC NISP memberikan edukasi pengelolaan keuangan melalui permainan board games di EXP eSport Academy yang diikuti oleh sekitar 45 atlet eSport Indonesia.

Dalam sesi edukasi ini, Bank OCBC NISP berbagi pengetahuan mengenai pentingnya mengelola keuangan dan melakukan investasi sedini mungkin.

Perkembangan permainan video game kompetitif di Indonesia sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan pada tahun 2018 lalu, tercatat lebih dari 700 turnamen eSport tahunan yang diadakan di Indonesia. Bahkan menurut hasil riset Newzoo1 di tahun 2017, Indonesia memiliki jumlah pemain game terbesar ke-16 di dunia yakni 43,7 juta pemain dan memiliki pasar game terbesar kedua di Asia Tenggara.

Bank OCBC NISP Ajak Atlet eSport Jago Kelola Keuangan

Namun, pertumbuhan tren ini tidak sejalan dengan pertumbuhan talenta baru yang berkualitas untuk dapat dikembangkan menjadi pemain profesional. Banyak para pemain berbakat Indonesia memilih bergabung dengan klub profesional di luar negeri untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Untuk itu, EXP eSport Academy meluncurkan program kursus singkat untuk mengembangkan pemain berbakat dengan menyediakan akses ke mentor yang tepat, meningkatkan keterampilan untuk mengembangkan karir dan pengetahuan manajemen keuangan.

Mirah Wiryoatmodjo, Direktur Bank OCBC NISP mengatakan, berangkat dari fakta bahwa potensi pemasukan dari atlet eSport sangat besar tetapi masa aktif atlet eSport untuk bermain tidak panjang, maka perlu diimbangi oleh kemampuan mengatur keuangan dengan baik agar pemasukan yang didapatkan bisa menunjung hidupnya sampai masa pensiun.

“Melalui kegiatan literasi keuangan ini, kami ingin mengajak atlet-atlet eSport ini tidak hanya jago atur strategi dalam bermain game, tetapi juga jago mengatur strategi dalam mengatur keuangannya,” terang Mirah.

Karena itulah, #ONVolunteer Bank OCBC NISP mengajak sekitar 45 atlet eSport di EXP eSport Acaemy untuk belajar mengelola keuangan dan investasi sedini mungkin melalui permainan board games yang interaktif.

Program ini mengajak atlet-atlet eSport ini tidak hanya jago atur strategi dalam bermain game, tetapi juga jago mengatur strategi keuangannya. (men)

Leave a Reply