BI Kembali Beri Beasiswa Genbi Rp 1 Milyar

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Bank Indonesia (BI) kembali memberikan ratusan beasiswa kepada mahasiswa di seluruh Universitas Negeri di Jawa Timur, dengan tujuan turut serta membangun masa depan bangsa, lewat beasiswa reguler maupun unggulan, yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki predikat prestasi terbaik di setiap kampus masing-masing peserta.

Beasiswa bernama Generasi Baru Indonesia (Genbi) yang sudah diadakan sejak tiga tahun sebelumnya ini, diharapkan dapat mencetak bibit-bibit unggul mahasiswa yang siap diterjunkan secara langsung dalam lingkungan masyarakat.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara (tengah), bersama Kepala Regional Bank Indonesia (BI) Jatim, Benny Siswanto (kiri), berfoto bersama beberapa Rektor Universitas Negeri di Jatim, sesaat setelah acara serah terima beasiswa Genbi di seluruh Universitas Negeri di Jatim dan peluncuran buku Genbi "Bank Indonesia, Apa Kata Mereka" di Hotel Alana Surabaya

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, menyampaikan bahwa beasiswa ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menkuliahkan anaknya secara gratis. Tentu saja dengan prasyarat memiliki prestasi dan potensi akademik yang mumpuni.

“Tahun ini kami adakan kembali beasiswa Genbi ini, dengan maksud dapat membantu masyarakat kalangan menengah kebawah yang tidak mampu mengkuliahkan anaknya, tetapi memiliki tingkat prestasi IPK kumulatif kuliah yang diatas rata-rata (cumlaude), dan beasiswa reguler untuk setiap mahasiswa yang memiliki predikat IPK kumulatif yang tinggi,” jelasnya saat serah terima beasiswa Genbi di seluruh Universitas Negeri Jatim dan peluncuran buku Genbi “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka” di Hotel Alana Surabaya, akhir pecan kemarin.

Program beasiswa Genbi ini diikuti oleh 4 daerah di Jawa Timur yang memiliki Universitas Negeri, yakni Surabaya, Malang, Jember, dan Kediri.

Sementara Kepala Regional BI Jatim, Benny Siswanto, menyampaikan bahwa bagi setiap mahasiswa yang menginginkan beasiswa ini, harus mengikuti tahapan seleksi uji beasiswa terlebih dahulu. Dan setiap perguruan tinggi diberikan kuota 40 orang yang bisa mengikuti program beasiswa Genbi ini.

“Untuk penerimaan harus melewati seleksi yang ketat terlebih dulu oleh pihak universitas masing-masing dan pihak Genbi. Dan bagi mahasiswa yang terpilih, akan mendapat beasiswa sebesar Rp 1,3 juta perbulannya, untuk program regular, dan Rp 7,5 juta per bulannya untuk program unggulan atau ekspensif beasiswa Genbi,” jelas Benny.

Untuk program Genbi ini, setiap tahunnya BI menyediakan dana beasiswa kepada mahasiswa di setiap Universitas Negeri di Jatim sekitar Rp 1 miliar.

Benny juga mengharapkan, dengan adanya program beasiswa Genbi ini di Jatim, juga dapat sebagai contoh bagi provinsi-provinsi lainnya untuk terus mengkapanyekan atau mempopulerkan BI di masyarakat luas.

Di kesempatan yang sama, BI juga meluncurkan buku yang berjudul “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka” yang berisikan pengalaman BI saat menghadapi krisis moneter 2015 hingga kasus-kasus keuangan yang terjadi pada 2015 silam. (EP)

Leave a Reply