20.1 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

BKPM Fasilitasi dan Permudah Investasi Dari Amerika

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) secara bertahap mulai melakukan beberapa hal yang dapat mempermudah investasi masuk ke Indonesia, khususnya investor Amerika Serikat (AS).

BKPM Fasilitasi dan Permudah Investasi Dari Amerika

Dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Farah Ratnadewi Indriani, hal ini dilakukan BKPM, mengingat kemudahan investasi di Indonesia belum sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Indonesia masih belum memberikan kemudahan sepenuhnya bagi investor seperti yang dilakukan negara lain.

“Pemerintah terus melakukan perbaikan termasuk di antaranya perombakan pelayanan investasi, simplifikasi perizinan, maupun penerbitan kebijakan untuk memberi stimulus langsung kepada kegiatan investasi,” terangnya, dalam keterangan resminya yang diterima kabarsurabaya.com, Kamis (12/11/2015).

Farah juga menambahkan bahwa AS merupakan salah satu investor utama di Indonesia, dimana dalam lima tahun terakhir, investasinya tumbuh 23 persen per tahun dan berkontribusi sebesar 6 persen dari total PMA di Indonesia.

“Kami siap memfasilitasi investor AS dari mulai rencana hingga merealisasikan investasi di Indonesia melalui perwakilan BKPM di Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) New York serta tim marketing officer (MO),” ujar Farah.

Adapun lima sektor terbesar investasi AS adalah pertambangan USD 7,2 miliar, perdagangan atau reparasi USD 258 Juta, industri makanan USD 167 Juta, industri alat angkut USD 142 Juta, dan industri kimia atau farmasi USD 56 Juta.

Lebih jauh Farah menuturkan, pengusaha AS yang tergabung dalam US-ASEAN Business Council (USABC), telah berkunjung ke Indonesia guna memperoleh penjelasan langsung mengenai kebijakan dan perbaikan iklim investasi di Indonesia.

Pertemuan dengan BKPM beberapa waktu lalu itu menurut Farah, terkait dengan pembahasan berbagai rencana kerja sama antara AS dengan pemerintah Indonesia dan sekaligus merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi ke AS beberapa waktu lalu.

‎”Melalui pertemuan-pertemuan ini, kami dapat memperoleh masukan-masukan dari para pengusaha terkait upaya perbaikan iklim investasi Indonesia agar semakin kondusif,” pungkasnya. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles