Dharma Lautan Utama Kembali Jadi Yang Terbaik 3 Tahun Beruntun

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Dharma Lautan Utama (DLU) kembali mendapatkan penghargaan, setelah Presiden RI Joko Widodo memberikan penghargaan bagi perusahaan jasa penyeberangan.


Presiden Jokowi didampingi Menhub Ignasius Jonan saat menyerahkan penghargaan kepada Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono di Istana

Tahun ini, terdapat enam perusahaan terbaik yang dibagi dalam dua kategori, yakni besar dan kecil. Untuk penyeberangan besar terbaik pertama diraih DLU, yang disusul PT Jemla Ferry, serta PT Jembatan Nusantara sebagai terbaik ketiga.

Sedangkan kategori penyeberangan kecil terbaik pertama diraih PT Windu Karsa, kedua PT Munic Line, dan ketiga yakni PT Bukit Merapin Nusantara Lines. Untuk kategori perorangan yakni penghargaan Lifetime Achievment diberikan kepada GBPH Pakuningrat HB IX dari PT Hasta Mitra Baruna dan Sinar Nursalim Lumenta dari PT Gunung Makmun Permai.

Prestasi ini bagi DLU, merupakan kali ketiga diraih perusahaan angkutan laut yang cukup dikenal di Jawa Timur, yang mengawali usaha transportasi lautnya sejak 1976 di penyeberangan Ujung – Kamal dengan KM Jokotole (1976). Dan kini, DLU mengoperasikan 24 kapal untuk melayani 18 rute perjalanan di perairan Indonesia.

Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama, Erwin H Poedjono, menunjukkan trophy penghargaan yang diperoleh DLU, Sabtu (26/12/2015)

Seperti disampaikan Dirut PT DLU, Erwin H Poedjono, berbeda dengan penghargaan sebelumnya yang diberikan oleh Sekjen Kemenhub dan disaksikan Menhub. Tahun ini penghargaan terbaik pertama yang diperoleh ketiga kalinya ini diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi

“Penghargaan ini kami peroleh dari hasil penilaian yang dilakukan Kemenhub, dimana penilaian ini diberikan karena sudah melaksanakan kewajiban dan aturan serta nilai tambah atas usaha meningkatkan keselamatan,” ungkapnya, Sabtu (26/12/2015).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan perbaikan kinerja SDM melalui proses pelatihan. Upaya lain yang dilakukan yakni pemeliharan kapal melalui galangan hingga penyediaan kapal darurat juga telah dilakukan.

“Yang utama itu mengenai keamanan penyeberangan, karena safety ini tidak bias ditawar,” tegasnya.

Dengan adanya penghargaan tersebut, kata dia, akan lebih memotivasi perusahaan agar lebih meningkatkan pelayanan dan keselematan jasa penyeberangan.

“Ini membuat kita jadi lebih semangat dan memotivasi layanan kami pada masyarakat agar lebih baik lagi dan optimal,” jelasnya. (EP)

Leave a Reply