21.4 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

Ericsson Gandeng Tiga Operator Seluler di Indonesia, Guna Perluas Konektivitas 4G LTE

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Tiga operator selular terbesar di Indonesia (Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata) memilih Ericsson untuk melakukan transformasi jaringan telekomunikasi di Indonesia, untuk memperluas jangkauan serta meningkatkan performa jaringan broadband, mulai dari 2G, 3G,  hingga 4G.

Direktur Ericsson  Indonesia dan Timur Leste, Thomas Jul mengatakan, persiapan telah berjalan sekitar setahun dan fokus untuk membawa teknologi jaringan ke generasi selanjutnya.

“Transformasi dari tiga operator ini akan membawa pelanggan mereka terutama yang tinggal di daerah padat akan mendapat keuntungan berupa kecepatan yang lebih dan performa jaringan yang lebih baik,” ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Untuk kerja sama dengan Telkomsel, Ericsson melakukan upgrade jaringan secara penuh di Wilayah Kalimantan dengan dilengkapi multi-standard radio based station untuk WCDMA/HSPA 3G, sembari mempersiapkan implementasi jaringan 4G/LTE.

Proyek transformasi ini terdiri dari 4.500 elemen jaringan, termasuk pengenalan RBS 6320 Ericsson, produk remote enclosure berbiaya rendah yang diciptakan untuk daerah yang beriklim tropis.

Sedang kerja sama dengan Indosat, Ericsson telah menandatangani kontrak selama 3 tahun dalam mengembangkan jaringan 4G LTE di Jakarta, termasuk implementasi layanan dan optimalisasi kinerja jaringan 2G/3G dan 4G LTE Single Radio Access Network.

Untuk peralatan yang disediakan adalah Ericsson RBS 6000 base station yang akan mendukung Indosat tanggap terhadap tingginya kebutuhan pengguna mobile broadband di Indonesia.

Sementara bersama XL Axiata, Ericsson juga melakukan kerja sama selama 3 tahun untuk melakukan implementasi jaringan 4G/LTE dan peningkatan jaringan 2G dan 3G di Jakarta dan Jawa Tengah.

Perjanjian tersebut meliputi kerjasama hardware, software dan layanan untuk membawa jaringan 4G/LTE ke pelanggan XL Axiata. Pengembangan jaringan 4G/LTE akan meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan yang memungkinkan pelanggan XL Axiata di Indonesia untuk menikmati peningkatan kinerja jaringan pada smartphone mereka.

“Yang terpenting bagi kami bukan hanya teknologi, tapi dengan kerjasama ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pengalaman pelanggan,” terang Jul.

Saat ini, perusahaan yamg berkantor pusat di Swedia itu telah hadir di pasar LTE dunia antara lain Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan, di mana 40 persen jaringan mobile di dunia telah melalui jaringan Ericsson. (Jp/Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles