Gelar Pelatihan Untuk Tenaga Kerja

SURABAYA (kabarsurabaya.com)- Mendekati pasar bebas MEA 2015, ternyata kemampuan dan keahlian kerja di kawasan Asia Pasifik masih relatif rendah.

Untuk mengatasi masalah hal tersebut Plan Indonesia terus melakukan upaya meningkatkan profesional, dalam kemampuan pada pekerja maupun buruh di suatu perusahaan.
Salah satunya dengan menggelar pelatihan dan penempatan tenaga kerja bertajuk “Presentasi Progress Report, Pembelajaran dan Tantangan Pelatihan dan Penematan kerja “ digedung Kadin Jatim di Surabaya.

Direktur Teknis Plan Kadin, Edy Juwono Slamet mengatakan, program pelatihan keterampilan pada karyawan maupun buruh disuatu perusahaan perlu diberlakukan.

Hal ini, dikarena ketrampilan pada karyawan maupun buruh wajib dilakukan tata cara bagaimana menjadi seorang karyawan / buruh profesional dan beretika.

“Program Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda yang dilaksanakan oleh KADIN Provinsi Jawa Timur (Pelatihan Ketrampilan dan Penempatan Kerja) bekerjasama dengan Plan Indonesia sudah berjalan lebih dari 3 tahun,” terang Edy di sela acara pelatihan keterampilan di Surabaya.

Edy menjelaskan, hingga saat ini ( Plan Iindonesia ) sudah mencetak tenaga pekerja dan buruh sudah didik mencapai 2, 350 orang.

Sementara target tahun ini mencetak karyawan / buruh di Jatim berkisar 2.500 orang.

“Selama hadir dijatim dari angka 2.500 ini 80 % adalah kaum perempuan dan sisanya 20 % persen laki-laki.

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan program tersebut banyak sekali pembelajaran dan tantangan yang dihadapi.

Tantangan tersebut dimulai dari proses sosialisasi dan mobilisasi kaum muda, pelatihan ketrampilan yang harus sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan pasar produksi serta jaminan penempatan kerja.(Abi)

Leave a Reply