Indosat Ooredoo Bersama Lintasarta Luncurkan Disaster Recovery Center (DRC) 3

JATILUHUR (kabarsurabaya.com) – Indosat Ooredoo bersama Lintasarta meluncurkan Disaster Recovery Center (DRC) 3 untuk memenuhi kebutuhan pelaku industri terhadap layanan pusat data (data center) yang handal dan berstandar internasional. Dan seperti yang pertama dan kedua, DRC yang ketiga ini lokasinya juga berada di Jatiluhur, Purwakarta.

DRC dengan sertifikasi tier 3 ini, berarti layanan data center ini telah menenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan Uptime Institute. Dimana salah satu yang paling ditonjolkan adalah penggunaan dua sumber daya yang diusungnya.

Indosat Ooredoo Bersama Lintasarta Luncurkan Disaster Recovery Center (DRC) 3

Dikatakan Gidion S. Barus, Division Head IT Solution Indosat Ooredoo, demi memastikan tak ada downtime sedikit pun, DRC 3 milik Indosat ini menggunakan pasokan listrik dari PLN dan juga Jasa Titra II. Itu belum termasuk mesin genset yang juga disiapkan Indosat kalau-kalau kedua sumber listrik mengalami kendala.

“Persyaratan tier 3 salah satunya adalah pasokan daya n+1. Kami sudah memenuhi itu dengan menggunakan dua sumber daya, bahkan kami menambahnya lagi dengan genset. Jadi bisa dibilang malah 2n+1,” ujarnya, di Jatiluhur, Purwakarta, Rabu (6/4/2016).

Dalam kerjasama ini, Indosat Ooredoo dan Lintasarta sebagai penyedia layanan memastikan DRC 3 yang memiliki kapasitas luas total 6.000 m2 sudah siap digunakan para pelaku usaha dari berbagai sektor industri sebagai penunjang kontinuitas bisnis perusahaan.

Sementara Director and Chief Wholesale and Enterprise Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono memaparkan, dengan adanya DRC 3 ini, menunjukkan bahwa Indosat Ooredoo bersama Lintasarta mendukung program pemerintah untuk memiliki data center di dalam negeri, sejalan dengan Peraturan Pemerintah no.82 tahun 2012.

“Pasar Data Center akan terus mencatat pertumbuhan besar dalam dua tahun ke-depan, salah satunya didorong keberadaan PP no.82 tahun 2012, dan kami telah siap menangkap peluang itu,” kata Herfini.

Herfini menambahkan keberadaan DRC 3 yang berada di Jatiluhur menjadi alternatif pilihan terbaik bagi pelaku industri, karena lokasi tersebut strategis dan jauh dari resiko bencana baik banjir maupun gempa bumi.

“Jatiluhur juga merupakan hub utama untuk jaringan komunikasi Indosat Ooredoo dan Lintasarta,” jelas Herfini.

Herfini juga menegaskan bahwa peluncuran DRC 3 ini merupakan salah satu bentuk konkret Indosat Ooredoo Business, untuk menjadi penyelenggara ICT dan menjadi provider bagi corporate user.

“Indosat Ooredoo telah melakukan rebranding pada tahun lalu dan salah satu keinginan kami adalah menjadi perusahaan digital terdepan di Indonesia,” pungkasnya.

Terkait soal komunikasi data, Indosat memastikan tidak ada masalah karena sudah di dukung kabel serat optik yang terhubung langsung ke Jakarta dan Bandung. (EP)

Leave a Reply