Jelang Ramadhan dan Lebaran, BI Jatim Siapkan Uang Pecahan Rp 23,5 Triliun

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Seperti sudah lazim setiap tahun terjadi. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan uang pecahan selalu mengalami peningkatan. Hal ini terkait dengan budaya dan tradisi yang masih melekat di masyarakat kita setiap Lebaran dating.

Mengantisipasi hal ini, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur telah menyiapkan sebanyak Rp 23,5 triliun, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2016 ini.

Jelang Ramadhan dan Lebaran, BI Jatim Siapkan Uang Pecahan Rp 23,5 Triliun

Direktur BI Regional Jawa Timur, Syarifuddin Bassara, mengatakan, uang pecahan sebanyak itu akan didistribusikan ke 50 bank yang beroperasi di Jawa Timur pada awal Juni 2016 mendatang, atau pada awal Ramadhan.

“Distribusi uang pecahan ini akan dilakukan ke 50 bank yang ada di Jawa Timur, pada awal Ramadhan bulan Juni ini,” jelasnya dalam acara BI Bincang Media, di Perpustakaan Bank Indonesia, Jalan Taman Mayangkara Surabaya, Kamis (26/5/2016).

Menurut Syarifuddin, uang yang disiapkan BI ini, terdiri atas pecahan besar (Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu) senilai Rp 20,2 triliun, dan pecahan kecil (Rp 10 ribu, Rp 5.000, dan Rp 2.000) senilai Rp 3,29 triliun.

Pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 menjadi yang terbanyak dicari orang, jelang Lebaran

“Proyeksi kebutuhan masyarakat Jawa Timur tahun ini diperkirakan mencapai Rp 23,5 triliun. Sedangkan tahun lalu, realisasinya mencapai Rp 19,03 triliun. Sehingga ada kenaikan 23,7 persen,” jelas Syarifuddin.

Ia juga menambahkan, adanya peningkatan kebutuhan uang pecahan pada tahun ini disebabkan antisipasi perbankan terhadap libur Lebaran yang mencapai sembilan hari.

Sementara uang pecahan yang paling tinggi permintaannya berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menurut Syarifuddin adalah pecahan Rp 50 ribu dan Rp100 ribu. (EP)

Leave a Reply