4.4 C
New York
Senin, Desember 5, 2022

Buy now

Kopi Indonesia Meski Menghasilkan 17 Triliun, Tak Mampu Saingi Produktivitas Brasil dan Vietnam

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sudaha cukup lama Indonesia menjadi salah satu unggulan dunia dalam hal kopi. Ini karena kualitas kopi Indonesia yang memang termasuk yang terbaik.

Bahkan setiap tahunnya, kopi Indonesia mampu memberikan kontribusi devisa sebesar 1,3 milar Dollar AS atau sekitar Rp 17 triliun, dari produksi kopi Indonesia secara nasional yang mencapai 400 ribu ton.

Dikatakan Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, Pranoto Soenarto, devisa tersebut diperoleh dari penjualan kopi yang harganya cukup stabil. Dimana harga kopi Indonesia jenis Robusta mencapai Rp 20.000-22.000 per kilogram (mengikuti pasaran London ) dan jenis Arabica 5 Dollar AS per kilogram (Arabica premium mengikuti pasaran New York).

“Kopi Indonesia yang banyak disukai oleh dunia berasal dari Toraja, Aceh, Mandailing serta Jawa. Dan berapapun kopi Indonesia yang dihasilkan selalu terserap dengan baik di dunia dan setiap tahun permintaan selalu mengalami peningkatan,” katanya, Selasa (20/10/2015).

Namun Pranoto menyayangkan produksi kopi Indonesia yang masih rendah., dan tidak sebanding dengan Brasil dan Vietnam.

Di Indonesia per hektar secara rata-rata menghasilkan 800 kilogram kopi dan maksimal 2 ton per hektare. Sementara Vietnam kini produktivitasnya per hektare bisa menghasilkan maksimal 4 ton. Dan Brazil sebagai produsen kopi terbesar dunia memiliki produktivitas yang sangat fantastis, yakni mencapai 11 ton per hektare.

“Padahal bibit kopi di Brazil didatangkan dari Indonesia pada jaman VOC, sedangkan Vietnam baru mulai menanam kopi pada 19 tahun terakhir,” lanjutnya.

Pranoto menambahkan, banyak hal yang mempengaruhi kuantitas kopi selain bibit, pupuk, wilayah geografis yang terpenting adalah perawatan.

“Saat ini di Indonesia, petani kopi masih belum maksimal melakukan perawatan karena kopi bukan pekerjaan utama. Jadi kami mendorong minimal petani menghasilkan kopi 1,5 ton per hektar,” tukasnya.

Saat ini, penghasil kopi terbesar adalah Brazil, lalu Vietnam dan Indonesia di posisi ke tiga. Kopi Indonesia sendiri mencukupi kebutuhan 20% kebutuhan kopi dunia. Dari hasil kopi yang ada, 75% adalah jenis Robusta dan 25% adalah jenis Arabika. (Kj/Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,596PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles