Nisan dan Habitat for Humanity Lanjutkan Pembangunan Lingkungan Layak Huni

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) Indonesia, kembali meneruskan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Relawan yang tergabung dalam NLC (Nissan Livina Club), GRAVINCI (Grand Livina Club Indonesia), ISOC (Indonesia Serena Owners Community), XCI (X-Trail Club Indonesia), March-I (Nissan March Indonesia), dan NEC (Nissan Evalia Community)

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2011 ini, tidak hanya berfokus pada pembangunan kawasan permukiman penduduk yang tertinggal, tetapi juga pada pembangunan sarana pendidikan, perbaikan fasilitas umum, renovasi sarana pendidikan, pembuatan fasilitas air bersih dan drainase, serta pelatihan peningkatan kesadaran akan pemukiman yang sehat.

Dikatakan Head of Communications NMI, Hana Maharani, program lingkungan layak huni merupakan bentuk keseriusan NMI dalam membantu memperbaiki masalah sosial di Indonesia, yang salah satunya adalah kesenjangan ekonomi yang mengakibatkan banyaknya lingkungan tempat tinggal yang tidak layak.

“Sejalan dengan visi Nissan “Enriching People’s Life”, kami ingin memberikan kontribusi sosial berkelanjutan lewat tiga pilar CSR Nissan, yaitu pendidikan, lingkungan, dan bantuan terhadap bencana alam jika diperlukan,” terangnya, melalui media release yang diterima kabarsurabaya.com, Senin (7/3/2016).

Para relawan berbagi keceriaan dengan anak-anak di Gunung Sari, Mauk

Sejak tahun 2011, NMI dan Habitat for Humanity Indonesia sudah membangun dan merenovasi lebih dari 260 rumah, membangun sanitasi air bersih, memperbaiki fasilitas umum seperti sekolah dan toilet umum, membangun 6 penampungan air, membangun jaringan air bersih yang mampu menjangkau lebih dari 400 keluarga.

“Selain juga sudah mendistribusikan lebih dari 250 water filter kepada keluarga yang membutuhkan,” tambah Hana.

Sementara untuk kawasan pemukiman di Mauk, Tangerang yang fase pertama dimulai tahun 2015 lalu, telah berhasil membangun 25 rumah layak huni, 3 sarana pendidikan PAUD beserta peningkatan kapasitas pengajar, 2 taman bermain, 300 meter lebih sistem drainase, 3 toilet umum dan fasilitas air bersih untuk lebih dari 100 keluarga.

Dan sebagai kick-off pembangunan tahap kedua di kawasan Mauk, Tangerang ini, NMI mengundang sejumlah komunitas pemilik Nissan, seperti NLC (Nissan Livina Club), GRAVINCI (Grand Livina Club Indonesia), ISOC (Indonesia Serena Owners Community), XCI (X-Trail Club Indonesia), March-I (Nissan March Indonesia), dan NEC (Nissan Evalia Community) untuk ikut serta dalam kegiataan volunteering, guna membangun dan merenovasi rumah di kawasan tersebut.

Sementara itu, Direktur Nasional HFH Indonesia, James Tumbuan menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan tentang keberlanjutan program kerja sama antara NMI dan HFH, khususnya keterlibatan komunitas pemilik Nissan. Dan menurutnya, keterlibatan komunitas Nissan ini semakin bermakna ketika mereka bisa menunjukkan kepedulian nyata bagi mereka yang membutuhkan.

Kerja sama dan komitmen yang sudah terjalin sejak 2011 ini sangat diperlukan, karena masih banyak keluarga berpenghasilan rendah, yang terpaksa tinggal di rumah tidak layak huni. Dan jejaring komunitas bisa bergerak lincah untuk membantu mereka,” ujarnya.

Pada tahap ke-2 ini, NMI dengan HFH. Menargetkan bisa membangun 17 unit rumah baru, 1 sekolah taman kanak-kanak, perbaikan sistem drainase dan sanitasi, dan pembangunan jaringan air bersih untuk 100 keluarga, dalam satu tahun ini.

Selain itu, NMI dan HFH juga membekali masyarakat penerima bantuan dengan berbagai sosialisasi dan pelatihan lingkungan sehat, berupa manajemen sampah, kesehatan dan kehigienisan rumah yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan mereka. (EP)

Leave a Reply