Nissan Donasikan Mobil dan Mesin Sebagai Alat Peraga Pendidikan

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sepanjang April 2016 telah mendonasikan 1 unit Grand Livina 1.8 L cutting version kepada BINUS Aso School of Engineering (BASE) Jakarta, dan 1 unit Grand Livina 1.5 L kepada SMK Negeri 1 Sanden, Bantul Yogyakarta.

Donasi ini menurut Hana Maharani, Head of Communications NMI, merupakan bagian dari “Nissan for Education”, yaitu program sosial berkelanjutan Nissan di bidang pendidikan, yang bertujuan meningkatkan kompetensi pelajar dan pendidik di Indonesia.

Satu dari sembilan Nissan Juke diserahkan kepada Universitas Negeri Malang (UNM) sebagai bagian program CSR PT Nissan Motor Indonesia

“Pemberian bantuan alat peraga pendidikan ini bukan yang pertama kali kami lakukan. Sebelumnya, di sepanjang tahun 2015, kami telah mendonasikan sejumlah mobil dan puluhan mesin ke institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia,” terangnya, Rabu (27/4/2016).

Hana juga menambahkan bahwa bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dan pengajar akan perkembangan terkini teknologi otomotif yang diwakili oleh mobil Nissan dan meningkatkan keahlian serta kemampuan teknik mereka.”

Program corporate social responsibility yang dilakukan Nissan sepanjang tahun fiskal 2015-2016, menyasar pada kegiatan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pendidikan dan kemanusiaan. Kontribusi sosial ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan berbagai institusi di bidang pendidikan dan kemanusiaan.

SMK Negeri 1 Situraja, Sumedang, mengunjungi fasilitas pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta untuk memperkaya pengetahuan para murid di bidang otomotif

“NMI bekerja sama dengan beberapa SMKN dan universitas besar di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang otomotif,” tambah Hana.

Pada bulan Maret 2015, Nissan mendonasikan 40 mesin mobil Nissan dari beberapa tipe seperti March, Grand Livina, X-Trail, dan Serena, kepada beberapa SMK wilayah Purwakarta dan sekitarnya. Donasi akan dilanjutkan ke beberapa SMK yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jakarta.

NMI juga mendonasikan 9 mobil Nissan Juke ke Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, SMKNN 2 Ciamis, SMKN 1 Trenggalek, SMKN 2 Pengasih, SMKN 2 Wonosari dan SMKN 1 Gombong.

“Unit kendaraan ini digunakan mahasiswa dan pelajar sebagai alat praktik. Mereka dapat membongkar mobil tersebut untuk mempelajari secara mendalam berbagai macam fungsi mesin dan teknologi mobil Nissan, cara kerja, serta cara perawatannya,” jelas Hana.

Fokus NMI di bidang pendidikan juga diwujudkan melalui kunjungan sekolah dan universitas ke pabrik Nissan di Purwakarta, sebagai upaya Nissan memperkaya pengetahuan anak-anak muda di bidang otomotif. Dari kunjungan tersebut, para siswa mendapatkan wawasan mengenai perakitan kendaraan yang dilakukan Nissan.

Selain sekolah, NMI juga membuka kesempatan bagi komunitas masyarakat lokal untuk mendapatkan pelatihan dasar otomotif, dimana lewat pelatihan ini, mereka diberikan pengenalan mengenai komponen mobil, pemeliharaan, serta penggunaannya.

Sementara dari segi kemanusiaan, NMI memfokuskan pada pembangunan kawasan pemukiman penduduk yang tertinggal. Bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) Indonesia, NMI membangun lingkungan layak huni di kawasan Purwakarta dan Tangerang yang telah berjalan sejak tahun 2011, di mana secara total NMI dan Habitat for Humanity Indonesia telah membangun 243 rumah, 9 penampungan air, 6 fasilitas toilet umum, 2 PAUD, merenovasi 1 sekolah, serta mengadakan pelatihan pemberdayaan masyarakat. (EP)

Leave a Reply