3.4 C
New York
Senin, Desember 5, 2022

Buy now

Pabrik SKT PT HM Sampoerna Tbk. Raih Penghargaan

“The Best Performance of Occupational Health and Safety

SURABAYA – Pabrik sigaret kretek tangan (SKT) PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menerima penghargaan “The Best Performance of Occupational Health and Safety” dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, pekan lalu. Sampoerna merupakan satu-satunya perusahaan rokok di Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi ini.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi perusahaan yang telah mencapai nihil kecelakaan kerja (zero accident) sejak 1999-2014 di lima pabrik rokok yang terletak Surabaya, Malang, dan Probolinggo.

Selain itu, penghargaan juga diberikan atas keputusan perusahaan mengikutsertakan seluruh karyawan pada semua program BPJS Ketenagakerjaan dan kesediaan perusahaan untuk ikut pada Program Return To Work (PRTW).

Prestasi ini tak lepas dari kampanye yang konsisten terkait Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Kampanye ini diwujudkan melalui tiga program, yakni keselamatan kerja, kesehatan, dan lingkungan.

Di bidang keselamatan kerja, perusahaan secara rutin melakukan pelatihan, workshop, dan kompetisi untuk meningkatkan skill dan pengetahuan semua karyawan. Di setiap sudut pabrik, terdapat papan informasi visual tentang peringatan bahaya terkait kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, pengukuran dan pemantauan lingkungan kerja seperti penerangan, kadar debu, dan pengukuran standar kualitas air minum dilakukan secara rutin.

Di bidang kesehatan, perusahaan secara rutin melakukan audit atau inspeksi makanan, fasilitas peralatan makan, metode pengolahan makanan oleh dokter, kompetisi kantin sehat dan makanan sehat bergizi, seminar kesehatan, dan donor darah.

Di bidang program lingkungan, perusahaan memenuhi baku mutu limbah domestik unit produksi sesuai regulasi, melakukan perbaikan sistem sanitasi dan pembersihan saluran pembuangan air secara teratur, serta sosialisasi kepatuhan terhadap penyediaan sarana yang disediakan.

“Bagi Sampoerna, kesehatan dan keselamatan kerja para karyawan merupakan prioritas yang harus diwujudkan oleh semua lapisan karyawan, mulai dari staf hingga pimpinan perusahaan,” kata Yos Ginting, Director of External Affairs, PT HM Sampoerna Tbk. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,596PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles