Pelindo III bukukan kenaikan arus peti kemas 0,5%

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, sepanjang tahun 2015 telah mengalami kenaikan arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sebesar 0,5 % dibandingkan tahun 2014.

Unit Ship To Shore (STS) Crane asal Tiongkok untuk melakukan Bongkar dan Muat terhadap muatan peti kemas, di Terminal Nilam Pelabuhan Tanjung Perak.

Menurut Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, dari jumlah arus peti kemas yang mencapai 3,12 juta TEUs (twenty-foot equivalent units) atau setara dengan 2,61 juta boks itu kebanyakan adalah arus peti kemas domestik dengan kontribusi 59%.

“Ini menunjukkan bahwa pengangkutan peti kemas domestik masih bagus,” terangnya melalui release yang diterima, Rabu (6/1/2016). sementara angkutan peti kemas internasional

Selain itu Edi juga menjelaskan kondisi perekonomian dan pasar di sejumlah negara yang lesu, yang menjadi penyebab adanya penurunan angkutan peti kemas internasional. Sedangkan terjadinya peningkatan arus peti kemas domestik, salah satunya disebabkan oleh adanya peningkatan jumlah rute pelayaran peti kemas domestik.

Sementara disis lain, Edi juga menjelaskan bahwa Pelindo III selama tahun 2015 telah membangun dan meningkatkan fasilitas pelabuhan peti kemas, seperti mendatangkan peralatan bongkar muat, pengadaan empat unit Ship to Shore (STS) crane baru untuk pelabuhan Banjarmasin dan pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Kami juga mendatangkan dua unit Grab Ship Unloader (GSU) di Terminal Teluk Lamong dan dua unit STS Crane untuk Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak,” tambah Edi.

Selain itu juga telah dilakukan relokasi satu unit STS Crane dari Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak ke pelabuhan Tenau Kupang NTT dan sei pulau Kalimantan, serta du STS Crane dari pelabuhan banjarmasin ke kepalbuhan Bagendang Sampit.

“Strategi relokasi peralatan ini dapat memastikan pelabuhan cabang, untuk mengimbangi kinerja pelabuhan utama, sehingga dapat mendukung kegiatan perekonomian daerah setempat,” pungkas Edi. (Ep)

Leave a Reply