Pelindo III Lakukan Restrukturisasi

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak telah menyelengarakan pengukuhan dan pelantikan pejabat struktur baru sebagai tindaklanjut dari program restrukturisasi yang dilakukan oleh Perusahaan.

Dikatakan PLH. General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Bambang Hasbullah, restrukturisasi di dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa apalagi dalam rangka efisiensi dan efektifitas pelayanan di dalam suatu perusahaan agar menjadi lebih baik.

”Dengan restrukturisasi ini diharapkan perusahaan dapat meningkatkan pelayanan kepelabuhanan yang diberikan kepada pengguna jasa dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan ditengah tantangan kelesuan perekonomian Nasional dan Global,’’ ujarnya  di Surabaya, Rabu (2/9/2015).

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa upaya restrukturisasi ini dilakukan untuk menggapai visi dan misinya dalam rangka menjadi perusahaan yang memiliki daya saing industri nasional melalui biaya logistic yang kompetitif dan sebagai wujud komitmen untuk memacu integrasi logistic nasional dengan layanan jasa pelabuhan yang prima,

“Proses Restrukturisasi organisasi adalah sebagai proses adaptasi perusahaan dalam pengembangan bisnis,” lanjut Bambang.

Restrukturisasi telah merubah struktural di Pelabuhan Tanjung Perak, diantaranya jabatan supervisor yang semula berjumlah 64 orang, kini dipangkas menjadi 26 orang. Asisten Manager dari 36 orang menjadi 33 orang. Dan posisi manager dari 12 orang menjadi 11 orang.

Namun demikian, terdapat tambahan pada posisi Deputi Manager yang semula satu menjadi dua Deputi untuk membantu pekerjaan general Manager, yaitu  Deputi General Manager Bidang Operasional dan Deputi General Manager Bidang Penunjang Operasi.

Bambang menceritakan bahwa seluruh perubahan yang dilakukan ini telah direncanakan dari tahun 2014, dengan melakukan perampingan sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, para pejabat yang baru dilantik dapat segera mengenali bidang dan medan tugas yang baru dengan selalu bekreasi dan beprestasi.

“Anda (para pejabat yang baru dilantik-red) akan dievaluasi pada 3 bulan pertama untuk melihat proses adaptasi pada lingkungan kerja yang baru. Kemudian, 3 bulan selanjutnya akan dilihat implementasi program kerja anda, dan setelah 1 (satu) tahun akan dievaluasi kembali, apakah Anda cocok menduduki jabatan tersebut,’’ tegasnya.

Kemudian, Dia perpesan bagi pejabat yang lama agar tidak merasa di zona yang nyaman dan tetap bersemangat dengan tetap berinovasi dan meningkatkan kinerjanya.

’’Ini bukan akhir karir dari hidup Saudara, namun masih banyak pilihan yang bisa diambil, diantaranya melakukan pengembangan diri mengacu hasil assessment, sehingga kedepan dapat dipromosikan kembali,’’ pungkas Bambang. (Edmen Paulus)

Leave a Reply