Pelindo III Tambah Back Up Area

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pelindo III terus berupaya untuk memperlancar arus barang di Pelabuhan dan mengurangi biaya logistik, salah satunya dengan menambah area konsolidasi barang di Pelabuhan Tanjung Perak.


Prosesi peresmian lapangan konsolidasi petikemas yang ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan puluhan burung merpati

Area yang dibangun di Jalan Kalimas Baru dengan luas 2.200 m2 dan memiliki kapasitas hingga 1.500 boks petikemas ini, seperti di kemukakan Pelaksana Harian General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Agus Hermawan, akan menjadi back up area bagi pelabuhan Tanjung Perak.

“Area konsolidasi ini akan menjadi pusat konsolidasi barang-barang yang berasal dari Terminal-Terminal di Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Jamrud, Mirah dan Nilam,” lanjutnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Pelindo III ini menambahkan bahwa area ini sangat penting mengingat arus barang di Pelabuhan Tanjung Perak cukup besar, sementara lahan yang ada cukup terbatas.

“Karena itu beberapa perusahaan telah siap bermitra untuk menggunakan area tersebut, diantaranya PT Meratus Line, PT Arpeni, PT Timur Asri Laut dan PT CKB Logistic,” terang Agus.

Peresmian area konsolidasi kemarin ditandai dengan penekanan sirine dan diikuti dengan pelepasan puluhan burung merpati oleh para tamu undangan. Selain itu, juga ada simulasi penggunaan alat bongkar muat, Reach Stacker, di dalam mengangkat dan menurunkan petikemas.

Sementara itu Senior  Manager Operasi dan Terminal Pelindo III, Rumaji, menyampaikan apresiasi atas upaya pelabuhan Tanjung Perak dengan menambah area konsolidasi barang, karena upaya tersebut akan mendukung kelancaran barang di Pelabuhan Tanjung Perak.

“Kami juga ingin menyampaikan terimakasih terhadap para mitra usaha yang telah memberikan kontribusi kepada Pelindo III,” ujarnya.

Seperti diketahui, arus kapal di Pelabuhan Tanjung Perak sampai dengan Nopember 2015 mencapai 11.632 unit atau 65.942.693 GT, turun 3% dibanding tahun 2014 pada periode yang sama yakni sebesar 12.570 unit atau 68.041.161 GT.

Sedangkan untuk arus barang di Pelabuhan Tanjung Perak sampai dengan Nopember 2015 tercatat 12.914.798 T/M3, naik 1,6% dibanding tahun 2014 pada periode yang sama yakni sebesar 12.702.977 T/m3.

‘’Pelindo III Tanjung Perak patut bersyukur dengan tercapainya target perusahaan, yang mana itu semua tak lepas dari support para mitra kerja di wilayah kerja Pelabuhan Tanjung Perak,” pungkas Agus. (Ep)

Leave a Reply