Pertamina Lubricants Kembali Sabet Proper Hijau Untuk Dua Pabrik Pelumas

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang pelumas kembali memperolah Proper Hijau 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk dua pabrik pelumas yakni Production Unit Gresik (PUG) dan Production Unit Cilacap (PUC)

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar kepada Manager PUG, Dody Arief Aditya dan Manager PUC Anugrah Saputra di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia Rabu (8/1/2020).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar menyerahkan piala penghargaan kepada Manager PUG, Dody Arief Aditya

Penghargaan peringkat hijau dibidang pengelolaan lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial ini diterima atas kinerja pengelolaan lingkungan lebih dari persyaratan dalam peraturan (beyond compliance) dan telah memanfaatkan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Iwan Ridwan Faisal mengatakan, kedua pabrik berhasil menjalankan berbagai inovasi program dengan baik, seperti; program efisiensi energi, penurunan emisi, reduksi limbah B3, reduksi Non B3, efisiensi air, penurunan beban pencemaran serta program pemberdayaan masyarakat seperti Enduro Student Program, Pembinaan dan Penerapan Bengkel Eco-Friendly, Kreasi Limbah Drum dan Link & Match Industri (Vokasi).

“Selain menjalankan inovasi program, PUG dan PUC juga telah menerapkan Sistem Manajemen yang terintegrasi diseluruh wilayah operasi, yang meliputi penerimaan, penimbunan, produksi, distribusi, perkantoran, dan fasilitas penunjang,” tambahnya.

Diketahui, PUC merupakan satu-satunya pabrik pelumas di Indonesia yang mendapatkan peringkat Proper Hijau sejak tahun 2013 sedangkan PUG sejak tahun 2016. Sampai hari ini, kedua pabrik berhasil mempertahankan kinerja tersebut. (men)  

Leave a Reply