Pertamina Suport 25.7 Milyar untuk Uji Coba Pertalite

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pertamina memberikan kucuran dana sebesar Rp 250 juta untuk tiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menjadi proyek uji coba Pertalite. Sebanyak 103 SPBU yang 33 diantaranya berada di Jawa Timur mendapat dana tersebut untuk pengadaan dispenser dan nozzle Pertalite.

Produk Baru Pertamina, Pertalite

Menurut VP Coorporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, dana yang digelontorkan perusahaan pengelola minyak dan gas (migas) milik negara untuk tiap SPBU penjaja Pertalite tersebut tidak terlalu besar. Selain itu juga dana tersebut bisa sharing antara Pertamina dengan pengusaha SPBU.

“Ya. Kami telah mengeluarkan dana per SPBU sebesar Rp 250 juta, atau mencapai total sekitar Rp 25,7 miliar pada masa uji coba Pertalite,” jelas Wianda Pusponegoro, Senin (27/7/2015).

Meski demikian, lanjut Wianda, dana yang digelontrokan itu di luar investasi perseroan sebesar Rp 60 miliar. Menurutnya, anggaran tersebut digunakan untuk pembangungan SPBU baru di sejumlah rest area jalan tol.

“SPBU-SPBU baru ini nantinya akan menyediakan beragam varian produk BBM Pertamina, termasuk Pertalite,” tuturnya.

Namun ketika ditanya mengenai biaya dan skema produksi Pertalite, Wianda terkesan mengindar dan hanya menyebut, BBM dengan RON 90 ini merupakan produk komersial yang tidak harus diungkap isi dapurnya ke publik.

“Karena ini adalah barang komersial Pertamina, maka terkait cost dan masalah produksi itu masalah responsibility-nya Pertamina,” tepisnya saat dilansir tender-indonesia.

Wianda juga mengungkapkan, Pertamina telah memiliki kalkulasi biaya investasi tersebut untuk bisa memproduksi dan memasarkan Pertalite. Apalagi, Pertalite yang dipasarkan ke konsumen bisa dijangkau masyarakat.

“Yang penting, masyarakat bisa mendapatkan jenis varian baru,” katanya. (Edmen Paulus)

Leave a Reply