Sampoerna Raih Zero Accident selama 757 juta jam

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), perusahaan rokok terkemuka di Indonesia, berhasil mewujudkan sebagai perusahaan satu-satunya di Indonesia yang memiliki tempat kerja paling aman di tanah air, setelah berturut-turut meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil sejak 1999.

Dan pada tanggal 18 Mei 2016, Kementerian Ketenagakerjaan RI menganugerahi Sampoerna dengan Penghargaan Kecelakaan Nihil atas keberhasilan manajemen dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja, bagi sekitar 17.000 pekerja di lima pabrik sigaret kretek tangan (SKT).

Presiden Direkrur PT HM Sampoerna, Paul Norman Janelle saat menerima penghargaan dari MURI sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia, dengan jumlah jam kerja terbanyak tanpa kecelakaan selama 20 tahun (periode 1996-2016), yaitu 757 juta jam, di Surabaya, Kamis (19/5/2016)

Kepala Cabang Layanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karimunjawa Surabaya Heru Prayitno mengatakan, tak ada pekerja Sampoerna yang melakukan klaim kecelakaan kerja hingga periode Maret 2016.

“Sampoerna sungguh merupakan the true role model, terkait perusahaan yang berhasil mewujudkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja,” terangnya.

Heru juga menyampaikan bahwa ini merupakan prestasi yang membanggakan, karena berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, angka kecelakaan kerja di Indonesia masih sangat tinggi.

Presiden Direkrur PT HM Sampoerna, Paul Norman Janelle (tengah), didampingi Kepala Pabrik Sigaret Kretek Tangan Sampoerna, Markus Hosea (dua dari kanan) dan Head of Regulatory Affairs, Elvira Lianita (paling kiri), seusai press conference di acara Environment Health and Safety Festival 2016 di Kantor Pusat Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016)

“Hingga akhir 2015, BPJS mencatat sekitar 100.000 kasus kecelakaan kerja di Indonesia per tahun. Dari angka tersebut, lebih dari 2.000 kasus merupakan kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian,” tambah Heru.

Bahkan pada tanggal 19 Mei 2016, Museum Rekor Indonesia (MURI) juga mencatat Sampoerna sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia, dengan jumlah jam kerja terbanyak tanpa kecelakaan selama 20 tahun (periode 1996-2016), yaitu 757 juta jam.

Menurut Presiden Direkrur PT HM Sampoerna, Paul Norman Janelle, upaya Sampoerna ini sejalan dengan Kampanye Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan sejak 1970, seiring lahirnya UU No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Suasana kerja di Pabrik Sampoerna

“Kami sepakat bahwa K3 merupakan bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional, guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan bangsa. Saya bias bangga bila karyawan datang dengan gembira dan pulang dengan selamat,” jelas Paul di sela-sela acara Environment Health and Safety  Festival 2016 di Kantor Pusat Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016).

Sementara Kepala Pabrik Sigaret Kretek Tangan Sampoerna, Markus Hosea menilai, keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan merupakan prioritas yang harus diwujudkan oleh semua lapisan karyawan, mulai dari staf hingga pimpinan perusahaan.

“Bagi Sampoerna, menjaga keselamatan karyawan sama pentingnya dengan menjalankan bisnis,” tambahnya.

Prestasi ini tak lepas kerja keras Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sampoerna selama 20 tahun, yang selalu bekerja keras menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, serta mengendalikan risiko terhadap peralatan yang berada di fasilitas produksi sehingga dapat digunakan secara aman. (EP)

Leave a Reply