Semen Indonesia dan Pertamina Teken Pengembangan Potensi Kerja Sama Bisnis Minyak dan Gas

JAKARTA(kabarsurabaya.com) – Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero), Suparni, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, telah menandatangani nota kesepahaman tentang Pengembangan Potensi Kerja Sama Bisnis Minyak dan Gas.

Kedua perusahaan akan melaksanakan sinergi berupa pengembangan, penyediaan, dan pendistribusian produk serta jasa Pertamina kepada Semen Indonesia, penggunaan produk-produk Semen Indonesia oleh Pertamina, dan pemanfaatan aset Semen Indonesia dan Pertamina di wilayah Semen Indonesia dan Pertamina.

Dirut Semen Indonesia, Suparni (kiri) dan Dirut Pertamina,Dwi Soetjipto seusai penandatanganan MoU di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/4/2016)

“Selain bentuk nyata sinergi dua perusahaan, kerja sama ini tentunya akan mendukung rencana strategis dan operasional perusahaan,” terang Suparni, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Suparmi juga menjelaskan, hingga saat ini Semen Indonesia sedang menyelesaikan dua pabrik semen terintegrasi, yakni di Rembang dan Indarung VI dengan masing-masing kapasitas produksi 3 juta ton per tahun.

“Dan pada Maret 2016 lalu, Kami (Semen Indonesia) juga telah menandatangani pendirian perusahaan patungan (JVC) dengan PT Samana Citra Agung yang bergerak di bidang produksi semen di Kabupaten Pidie, Aceh,” lanjut Suparmi.

Disisi lain, Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, juga menjelaskan bahwa pihaknya terus memacu kinerja dengan melakukan investasi-investasi infrastruktur strategis di sektor energi bersama mitra kerjanya, seperti proyek-proyek Refining Development Masterplan Program, New Grass Root Refinery (NGRR), infrastruktur penerima LNG dan pipa gas, infrastruktur storage dan distribusi BBM, modernisasi pabrik pelumas, serta pengembangan proyek hulu di dalam dan luar negeri untuk menjamin ketahanan energi nasional.

“Kami menyambut positif nota kesepahaman ini sebagai bentuk inisiatif sinergi BUMN. Tentu saja kami berharap kerjasama kelak dapat terealisasi sehingga dapat berdampak positif bagi Pertamina dan Semen Indonesia,” kata Dwi Soetjipto, yang juga mantan Dirut PT Semen Indonesia ini.

Dwi Soetjipto juga menambahkan, sebagai mitra, kami akan berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada mitra usaha kami, Semen Indonesia,” pungkasnya. (BL/EP)

Leave a Reply