Semen Indonesia Perluas Ekspansi, Termasuk ke Luar Negeri

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) kembali menegaskan komitmennya dengan menargetkan ekspansi perseroan selanjutnya di luar negeri, bisa rampung tahun ini, sehingga proses pengembangan produksi cepat terlaksana.

Hal ini dikemukakan Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra, saat berkunjung ke kantor Gubernur Jawa Timur Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/6/2016).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) saat menerima kunjungan Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra (tengah)

Menurut Rizkan, lebih cepat hal ini dilakukan, akan lebih baik, sehingga tahun ini targetnya bisa selesai. “Jadi tidak hanya mengandalkan pasar dalam negeri,” ujarnya.

Sebelumnya perseroan telah mengembangkan jaringannya di luar negeri untuk pertama kalinya di Thang Long, Vietnam, yang dinilai pengembangan pasarnya memuaskan, sehingga perseroan berminat untuk berekspansi ke negara lain.

Namun ketika ditanya di negara mana yang akan menjadi sasaran pengembangan Semen Indonesia Internasional berikutnya, Rizkan enggan mengutarakan lebih lanjut.

“Pokoknya negara di Benua Asia. Dan ini sifatnya mengakuisisi,” ucapnya tanpa memberikan rincian pasti, termasuk nilai investasinya.

Sementara terkait gempuran perusahaan semen asing yang mengembangkan produksinya di Indonesia, Rizkan menyatakan perseroan tidak mengkhawatirkannya.

“Dari dulu sudah ada semen-semen asing. Kami tak khawatir karena teknologi semen relatif sama,” tegas Direktur utama yang baru dilantik 16 Mei 2016 lalu.

Menurutnya, kehadiran perusahaan semen asing terhadap pengembangan produksi semen di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Sumatera tak berpengaruh. Kecuali, lanjut dia, di Kalimantan karena terdapat lokasi produksi semen dari Tiongkok yang harganya relatif murah.

Rizkan juga menjelaskan, dalam waktu dekat akan segera meresmikan pabrik baru di Rembang, Jawa Tengah, dan Padang, Sumatera Barat.

“Sudah memasuki tahap akhir, dan tidak lama lagi diresmikan. Harapannya mampu menambah produksi semen dalam negeri,” pungkasnya. (MT/EP)

Leave a Reply