Smartfren Siapkan 800 Staf Bergerak untuk Sikapi Kenaikan Trafik Jelang Lebaran

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Peningkatan trafik pada saat Lebaran ymenjadi perhatian serius bagi Smartfren, penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet mobile. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran 2015, Smartfren akan mengoptimalkan infrastruktur di Base Transceiver Station (BTS) hingga 40%.

Regional Head East Java Bali Lombok, Muhamad Cahyadi saat menyerahkan tali asih di sela-sela acara buka puasa bersama wartawan di di Hotel Mercure Surabaya, Senin (13/7/2015).

Sementara availability dan reability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85. Regional Head East Java Bali Lombok, Muhamad Cahyadi mengatakan, guna mendukung antisipasi lonjakan trafik ini juga, Snartfren akan mengaktifkan 7 regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ketujuh regional offices tersebut siap beroperasi 24×7 jelang libur Lebaran.

“Kami juga memperkuat keiapan dengan 800 staf yang dilengkapi kendaraan operasional yang siap bergerak kapanpun diperlukan bila terjadi gangguan jaringan,” jelas Cahyadi, di sela-sela acara buka bersama insan pers, di Hotel Mercure Surabaya, Senin (13/7/2015).

Lebih jauh Cahyadi juga menerangkan bahwa perangkat yang dikerahkan untuk kesiapan jaringan mencakup lebih dari 120 EMS (Equipment Management System) yang dioperasikan di semua regional offices. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang ada di Jakarta dan Surabaya.

“Momen Ramadhan dan Lebaran 2015 memang menjadi fokus bagi Smartfren untuk memberikan kualitas layanan terbaik. Kepadatan lalu lintas jaringan di high traffic area menjadi perhatian tersendiri selama musim liburan,” terang Cahyadi.

Tercatat pada tahun 2014 lalu, terjadi kenaikan trafik sebesar 30% pada H-3 sampai H+2 Lebaran. Sementara untuk tahun ini diperkirakan peningkatannya akan mencapai 35%.

“Karena itulah, kami meningkatkan kapasitas jaringan kami sampai 40%. Ini untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang biasa terjadi di saat lebaran,” jelas Cahyadi.

Dan terkait service kepada pelanggan ini pula, Cahyadi menerangkan bahwa selama Hari Raya Idul Fitri, Smartfren juga tetap membuka galerinya, khususnya yang berada di mal-mal.
“Selain tentu saja hotline kami yang tetap berjalan 24 jam,” tambahnya. (Edmen Paulus)

Leave a Reply