STARBOX Percepat UMKM Goes Digital

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS), secara resmi telah meluncurkan sebuah produk solusi yang ditujukan kepada para pelaku UMKM Indonesia. Produk yang diberi nama STARBOX ini sebelumnya telah diperkenalkan pada November lalu namun masih dengan distribusi kartu secara terbatas di beberapa titik di Jakarta.


Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin(tengah) bersama dengan (kiri-kanan) Business Development Director Alfamart Hans Harischandra, Executive General Manager Divisi BusinessService Telkom, Yusron Hariyadi, Direktur Marketing Infomedia Andang Ashari dan Direktur Operasi Telesindo Gatot Bekti Haryono dalam acara launching STARBOX di Jakarta, Senin (14/12/2015)

STARBOX merupakan rebranding dari SHOPBOX yang telah diluncurkan pada Desember 2014 lalu ini, merupakan sebuah solusi untuk lebih memudahkan pelaku bisnis UMKM menikmati konektifitas dan aplikasi BosToko sekaligus registrasi smartbisnis secara terintegrasi.

Dikemukakan Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam perjalanannya, SHOPBOX cukup mendapat respon positif, terbukti selama setahun telah dinikmati 30.000 UMKM.

Pada tahap ini, SHOPBOX masih didominasi oleh produk konektifitas. Karena banyaknya masukan dari UMKM yang menginginkan solusi yang lebih integrated, makanya dilakukan rebranding dengan meningkatkan aplikasi-aplikasi yang berbasis mobile.

“Dimulai dari proses Revitalisasi produk, yang sebelumnya hanya konektifitas berupa High Speed Internet (HSI), kini lebih dilengkapi dengan tambahan akses wi-fi jutaan UMKM dan starter-pack Telkomsel Simpati,” ungkap Awaluddin dalam sambutannya pada acara Launching STARBOX di Kalibata City Square Jakarta, Senin (14/12/2015).

Dengan penambahan akses  tersebut, pelaku UMKM  semakin mudah mendapatkan akses internet, baik melalui produk High Speed Internet dan wi-fi berbasis jaringan fiber optic maupun akses mobile dari Telkomsel.

“Selanjutnya, kami melakukan repackaging solusi. Jika sebelumnya paket yang ditawarkan hanya BosToko dan membership smartbisnis, kini jauh lebih lengkap. UMKM akan mendapatkan tambahan free membership  blanja.comakuntingmudah.com, dan diskon khusus membership Jarvis-Store, plus aplikasi-aplikasi start-up binaan Telkom lainnya,” pungkasnya.

Pada tahun 2016, Telkom menargetkan bisa meraih satu juta UMKM sebagai pengguna STARBOX. Untuk mendukung dan memudahkan target tersebut dalam hal distribusi kartu, Telkom menggandeng jaringan Telesindo-Shop serta modern channel Alfa-Mart diseluruh Indonesia. (Ep)

Leave a Reply