8.6 C
New York
Sabtu, Desember 3, 2022

Buy now

Telkom Kucurkan Pinjaman Bergulir 1,2 Milyar Untuk UKM di Area Surabaya dan Madura

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Telkom Indonesia, melalui Program Kemitraan yang dikelola oleh Unit Community Development Center, menggelontorkan pinjaman kepada Mitra Binaan usaha kecil menengah (UKM) melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Untuk area Surabaya dan Madura, pada triwulan IV/2015 ini, dana bergulir yang telah disalurkan kepada Mitra Binaan UKM area Surabaya dan Madura sebesar Rp 1,209 miliar.

Telkom Kucurkan Pinjaman Bergulir
“Dana 1,2 M yang disalurkan kepada 37 mitra binaan ini, merupakan dana bergulir yang keempat kalinya disalurkan dalam tahun ini,” kata GM Telkom Witel Suramadu, M Nasrun Ihsan didampingi Manager HR & CDC Witel Suramadu Budi Prastyo.

Dana itu, lanjutnya, merupakan bagian dana bergulir yang disalurkan Community Development Center Regional 5 Jatim Bali Nusra dengan 516 mitra binaan sebesar Rp 18,200 miliar.

“Dana pinjaman itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mitra binaan selama satu tahap. Sehingga mereka bisa berkembang dan mandiri. Dengan demikian, mereka bisa mengajukan pinjaman lagi dalam skala lebih besar,” terang Nasrun melalui release yang diterima, Kamis (17/12/2015).

Lebih lanjut, Nasrun menilai bahwa tren masyarakat Indonesia untuk menjadi pengusaha terus bertambah. Memang, diakuinya, tantangannya banyak apalagi tahun depan Indonesia sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dalam MEA, pengusaha Indonesia tidak hanya bersaing produk dan jasa di dalam negeri, tetapi produk dan jasa dari negara-negara lain akan masuk Indonesia secara bebas. Dan itu merupakan kesempatan Indonesia bisa masuk memasarkan produknya ke negara-negara lain

“Untuk bisa menghadapi MEA terutama pemasaran tidak hanya lokal tapi bisa manca negara salah satunya kita memanfaatkan IT. Kami memfasilitasi tempat untuk UKM belajar internet, pemasaran melalui internet, punya toko online. Kita juga punya Broadbrand Learning Center, ada Telkom Solution House atau UKM Center. Semua itu bisa dimanfaatkan gratis,” jelasnya

Selain itu, dia mengatakan Telkom juga mengadakan pelatihan untuk UKM, termasuk bila dimungkinkan ada pameran.

“Jadi selain menyalurkan dana, kami juga mendukung UKM berkembang bisnisnya. Nanti setelah berkembang, dana bisa bergulir ke mitra lain,” tandasnya. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,592PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles