3.3 C
New York
Jumat, Desember 2, 2022

Buy now

Usia 40 Tahun, Polytron Terus Berinovasi dan Bertahan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Tepat berumur 40 tahun pada tanggal 18 September 2015, Polytron sepertinya terus menunjukkan kemajuan dan bisa menjadi pilihan masyarakat.

Kenyataan ini bisa dilihat dari kondisi penjualan Polytron yang selama semester satu tahun 2015 ini mengalami kenaikan 5 hingga 7 persen, dibanding periode yang sama tahun 2014. Kenaikan ini terutama terjadi untuk produk Audio, Televisi, Kulkas, Dispenser dan Mesin Cuci.

Dikatakan Santo Kadarusman selaku Public Relations dan Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, pemegang merek dagang Polytron mengatakan, pertumbuhan ini meskipun tidak signifikan, tetapi cukup memmuaskan untuk kondisi ekonomi saat ini.

“Keadaan ekonomi dan nilai mata uang yang saat ini sedang goyang, meski mempengaruhi sektor penjualan, namun kami masih bisa mencatat pertumbuhan, meski tidak signifikan,” katanya.

Kondisi ini juga menurut Santo, menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah dan harus terus menciptakan produk inovasi dengan kualitas dan harga terjangkau, agar masih terus bisa bertahan.

Begitu pula dengan target yang di patok semester dua 2015, Santo masih yakin produk-produk Polytron masih akan tetap mejadi pilihan masyarakat Indonesia.

“Ini bisa kami buktikan dari banyaknya kepercayaan publik pada polytron, yang berhasil meraih beberapa anugerah belum lama ini,” terang Santo.

Diketahuim belum lama ini Polytron meraih penganugerahan dari majalah Forbes atas pencapaiannya selama 40 tahun berkiprah. Selain itu pengakuan juga diterimanya belum lama ini dari Majalah Toplife untuk kategori Affordable Showcase with Best Innovation, serta Majalah I Life and Style untuk katerori kulkas Belleza sebagai Best Choice June 2015 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perjalanan Panjang

Genap berumur 40 tahun, PT Hartono Istana Teknologi di awal kisahnya berdiri 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Awal pertama merintis industri kala itu dimulai dengan memproduksi TV black and white berukuran 20 inch, dengan jumlah karyawan hanya beberapa puluh orang.

Namun kini, Polytron telah memiliki sedikitnya 10.000 karyawan, 65 service centre, 19  kantor perwakilan di seluruh Indonesia, dan 7 Authorized Dealer. Bahkan karyawannya kini sudah mencapai puluhan ribu yang tersebar di seluruh Indonesia dan Thailand.

“Awal mulanya nama perusahaan bernama  PT Indonesian Electronic and Engineering, namun berubah nama, hingga kini Polytron dikenal dan berada dibawah naungan PT Hartono Istana Teknologi.” Terang Santo.

Perkembangan teknologi pun makin diseriusi, hingga pada akhirnya tahun 2011 Polytron mulai memproduksi handphone. Hingga kini sukses dengan jumlah 3 lini produksi smartphone yang berada di Kudus. Juga memiliki badan R&D independen tanpa tenaga asing.

Bahkan menurut Santo, popularisme Polytron sering membuat masyarakat mengira produk Polytron adalah elektronik asal negeri Matahari Terbit atau bahkan asal negeri Tirai Bambu.

“Tapi kini gaungnya sebagai produk asli anak bangsa makin dikenal dan diketahui banyak orang,” terangnya.

Dan di umurnya yang ke 40 tahun ini, Polytron terus melakukan berbagai pembaruan mulai dari  sistem hingga tampilannya. Dan bersamaan dengan ulang tahun ke 40 ini, Polytron membuka kembali Showroom milik corporate yang terletak di Grand Indonesia lantai 3 ini dengan tampilan dan wajah baru.

“Perayaan ulang tahun ini juga akan dimeriahkan dengan pameran ‘40 tahun Poytron berinovasi’ dibeberapa kota di Indonesia, yang akan dilangsungkan mulai dari bulan September sampai dengan akhir tahun 2015,” pungkas Santo. (Edmen Paulus)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,587PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles