XL Dorong UKM Manfaatkan Internet Cepat Melalui Digibiz

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT XL Axiata Tbk (XL) menunjukkan komitmennya untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM melalui penyediaan layanan 4G LTE dan platform digital khusus bagi UKM.

Kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, melaporkan dukungan XL kepada kalangan UKM melalui penyediaan platform khusus UKM “Digibiz”, serta penyediaan layanan internet cepat 4G LTE, pada acara peluncuran layanan 4G LTE secara nasional di Jakarta, Jumat (11/12).

Peluncuran Aplikasi Digibiz

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas, yang berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital.

“Karena itu sudah saatnya rekan-rekan pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitasnya. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet,” terangnya.

Dian menambahkan, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, bahkan dalam menghadapi perusahaan bermodal besar.

“Internet memungkinkan pelaku UKM mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke wilayah lain, yang tanpa internet mustahil bisa dilakukan,” tambah Dian.

Saat ini teknologi digital, XL juga telah menyiapkan suatu layanan khusus bernama “DigiBiz”, dimana layanan ini merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan.

“Bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan,” lanjut Dian.

XL cukup serius mengembangkan program ini, ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk 3 tahun ke depan, guna mengembangkannya lebih lanjut.

Solusi DigiBiz ini secara garis besar, Digibiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product  Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka.

Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis.

“Dan yang berikutnya adalah Networking atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan aplikasi ini,” pungkas Dian. (Ep)

Leave a Reply