27.1 C
New York
Sabtu, Agustus 13, 2022

Buy now

XL Luncurkan Aplikasi Digital Dukung Program Layak Anak

Program XmartCity Yogyakarta

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Salah satu problem sosial yang terjadi di berbagai daerah adalah menyangkut anak dan wanita. Seperti misalnya bagaimana mendorong masyarakat untuk mampu menyediakan lingkungan yang layak untuk tumbuh dan berkembangnya anak, serta bagaimana memaksimalkan peranan wanita dalam mendampingi anak.

Sebagai bagian dari kerjasama Program XmartCity dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan website dan aplikasi Layak Anak di Yogyakarta.

XL Luncurkan Aplikasi Digital Dukung Program Layak Anak

Peluncuran webside dan aplikasi yang bertujuan untuk mendukung masyarakat setempat memanfaatkan teknologi digital guna mensukseskan program Kota Layak Anak ini, dilakukan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dan Direktur Digital Services, Ongki Kurniawan, Selasa (15/12/2015).

Menurut Ongki, layanan ini dibangun sebagai wujud dari komitmen XL untuk membantu masyarakat dalam usaha mengatasi berbagai permasalahan sosial melalui teknologi digital, dalam hal ini wanita dan anak-anak.

Selain itu, Yogyakarta selaku kota wanita, budaya dan pelajar adalah kota yang siap mengaplikasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

“Karena alasan itulah kami sangat mendukung ajakan Pemkot Yogyakarta untuk mengimplementasikan program Kota Layak Anak, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,” ujar Ongki.

Sementara Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, Kota Yogyakarta sendiri memang memiliki visi untuk menjadi kota yang layak anak. Dan bahkan telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak sejak 2009 dari Kementerian‎ Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Tahun ini, penghargaan tersebut berhasil kami pertahankan. Dengan implementasi sarana digital Layak Anak ini, maka akan semakin kukuh predikat Kota Yogyakarta sebagai kota yang ramah untuk ditinggali dan tempat pendidikan anak-anak,” terang Haryadi.

Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta sendiri, berencana menambah 21 kampung ramah anak pada tahun ini, sehingga jumlahnya menjadi 136 kampung sampai akhir tahun.


Diskusi mengenai salah satu problem sosial yang terjadi di berbagai daerah menyangkut anak dan wanita, yang digelar dalam kaitan implementasi program Kota Layak Anak, sekaligus peluncuran website dan aplikasi Layak Anak di Yogyakarta, Selasa (15/12/2015)

Melalui “Layak Anak” yang diwujudkan dalam format website www.layakanak.org dan aplikasi dengan nama yang sama, dan bisa di unduh masyarakat Yogyakarta melalui playstore ini, memiliki sejumlah fitur, seperti informasi mengenai keberadaan kampung ramah anak, agenda pokok dan rutin menjamin kesehatan anak, statistik layak anak, serta berita seputar layak anak.

Pada fitur informasi Kampung Ramah Anak (KRA), masyarakat bisa mengetahui di mana saja kampung-kampung ramah anak berada. Selain bisa saling mengenal, masyarakat juga bisa bertukar pengetahuan dan pengalaman, sehingga bisa saling bantu dalam mengembangkan KRA.

Sementara itu pada fitur agenda kesehatan anak, masyarakat terutama para orang tua anak, bisa mengatur agenda rutin dan pokok guna menjamin kesehatan putra-putrinya. Misalnya antara lain jadwal berkunjung ke Posyandu, suntik Campak, BATITA, dan periksa gigi.

Sedangkan pada bagian informasi berita, masyarakat bisa menyimak berita-berita terbaru mengenai tema anak dan wanita. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,434PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles