XL Permudah Promosi Bisnis UKM LewatLayanan SME Goes Mobile

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT XL Axiata Tbk (XL) berkomitmen untuk membantu kalangan pelaku bisnis kecilmenengah (UKM), dengan menyediakan layanan bernama‘SME Goes Mobile’ (Small Medium Enterprise) yang menawarkan manfaat promosi yang terintegrasi secara mudah, efektif, dan efisien dalam hal tarif.

Vice President XL East Region Desy Sari Dewi

Layanan XL yang sudah dirintis sejak 2013 ini, terus ditingkatkan nilai manfaatnya dengan menambah sejumlah fasilitas. Yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kalangan pelaku UKM di Indonesia.

Vice President XL East Region – Desy Sari Dewi, mengatakan, layanan ini dilahirkan pada Agustus 2013 seiring denganmeningkatnya kebutuhan promosi yang terjangkau dan mudahserta tepat sasaran dari kalangan UKM.

“Ini kami lakukan karena media promosi yang ada pada waktuitu didominasi oleh media tradisional dan online dengan biayayang relatif mahal dan jauh dari jangkauan UKM. Denganlayanan SME Goes Mobile ini, para pelaku UKM mendapatkanakses ke ruang dan media berpromosi melalui kanal digital yang terintegrasi, terjangkau serta tepat sasaran,” kata Desy

Desy menambahkan, saat ini XL terus meningkatkan manfaat layanan tersebut, diantaranya dengan menambah layanan baru untuk beriklan, yaitu melalui kanal digital banner dan website(situs) berbasis komputasi awan, serta akses ke layanan mobile commerce.

“Dengan begitu, melalui program baru SME Goes Mobile iniUKM bisa membuat situs atau website usaha mereka sendiridengan mudah, dengan biaya yang terjangkau sertamendapatkan akses di e-commerce sebagai penjual di Elevenia,” lanjut Desy.

Sebelumnya, program SME Goes Mobile telah menyediakansarana dan ruang iklan digital (mobile advertising) melaluilayanan berbasis LBA (Location Based Advertising) denganmemanfaatkan SMS maupun MMS.

Para pelaku UKM lanjut Desy, bisa mengikuti program SME Goes Mobile dengan membeli paket yang ada tanpa harusmenjadi pelanggan XL. Selain itu, XL juga bekerja samadengan para reseller dan mitra kerja di daerah dalammenawarkan program ini.

Pelaku UKM bisa mengunjungi paramitra kerja yang telah ditunjuk, atau menghubungi XL Center terdekat atau Account Manager dari SME Goes Mobile. UKM juga bisa langsung memesan dan membeli layanan melalui situshttp://reklamedium.com untuk pemasangan iklan atauhttp://gerbangusaha.com untuk pembuatan website.

“Pertimbangan XL membidik pelaku UKM karena ada 57 juta lebih UKM di Indonesia yang telah memberikan kontribusi PDB (product domestic brutto) kepada negara lebih dari 57%, berdasarkan data 2013. Namun, hanya sedikit dari UKM tersebut yang memiliki akses atas ruang iklan digital yang efektif, efisien, terjangkaudan tepat sasaran,” pungkas Desy. (Edmen Paulus)

Leave a Reply