XL Siap Layani Natal dan Tahun Baru, Tanpa Gangguan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap liburan panjang Natal dan Tahun Baru, diprediksi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data akan terjadi cukup signifikan, dibandingkan hari-hari normal. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan jaringannya supaya tetap prima mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

Petugas Call Center 817 sedang melayani pelanggan di pusat layanan pelanggan XL di Jakarta

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi mengatakan bahwa pihaknya telah siap setiap saat jika terjadi lonjakan, termasuk memastikan aspek di network benar-benar siap, khususnya dalam menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru.

“Kami memprediksi, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS.” terang Desy.

Dibandingkan sebelumnya, di east region selama Natal ada kenaikan trafik data sebesar 7% dari 1,6GB/hari menjadi 1,74GB/hari, sedangkan voice turun 8% dari 2.477.886 menit/hari menjadi 2.274.952 menit/hari juga SMS turun 7% dari 2.451.852sms/hari menjadi 2.285.829sms/hari.

Menjelang Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

“Karena itu kami sudah melakukan persiapan, seperti penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan,” tambah Desy.

Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Service.

Opimisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian selama libur Natal dan Tahun Baru. Seperti di Surabaya, dilakukan optimisasi antara lain di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam.

“Sementara untuk wilayah Bali, kami lakukan di area Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud,” lanjut Desy.

Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan/kenaikan traffic dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-4x lipat kondisi trafik normal.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, pelanggan juga bisa merasakan kenyamanan menggunakan layanan 4G LTE XL, yang bisa dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Medan, Bogor, Mataram, Denpasar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Batam, Pekanbaru, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan,Tegal, Pacitan, Madura, Manado dan Banjarmasin, serta Yogyakarta

Saat ini XL east region melayani sekitar 11 juta pelanggan dan melayani sekitar 41,5 juta pelanggan secara nasional, dengan dukungan lebih dari 56 Ribu BTS (BTS 2G/3G/4G). Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 37 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia. (Ep)

Leave a Reply