iSTTS Gelar Recycle Fashion

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sifat konsumtif manusia telah meninggalkan banyak sisa produksi yang dikenal dengan sebutan samapah. Bagi sebagaian orang ternyata sampah bisa berguna karena dipergunakan secara kreatif.

Peragaan design dari bahan sisa pola konsumtif manusia di iSTTS, tanggal 17-19 Juni 2015.

Salah satu yang melakukan kerja kreatif dengan mengolah barang bekas / sampah menjadi hasil kreasi adalah para mahasiswa jurusan Design Komunikasi Visual iSTTS Surabaya dengan menggelar Recycle Fashion (Refash) dengan menggunakan barang-barang bekas seperti bungkus mie instan dan lain-lain.

Event yang selalu digelar setiap tahun ini, kali ini adalah tahun yang kedua menggunakan tema Refash. Yaitu merancang pakaian dari berbagai barang sisa pola konsumtif manusia seperti plastik bungkus permen atau sabun cuci, plastic kresek, mainan rusak, karung goni, dan sebagainya.

Seperti dikemukakan Raga Ahmad kepada kabarsurabaya pekan kemarin, salah satu peserta refash yang mendesign monster ikan yang mirip film avatar. Untukmenampilkan karyanya dibutuhkan waktu 2-3 jam dengan menggunakan beberapa barang-barang bekas / sisa.

Program Refash yang merupakan bagian dari mata kuliah Rupa Dasar 2 sebagai dasar mahasiswa jurusan desain dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam karya yang dibuatnya.

Program yang diikuti oleh 14 kelompok dengan masing-masing 5 orang anggota dari jurusan DKV dan DesPro iSTTS ini nantinya akan dimasukkan dalam penilaian akademik. (Edmen Paulus)

Leave a Reply