MT-25 Ramaikan Pasar Moge di Kelas 250 cc

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Persaingan di segmen motorsport bermesin 250 cc dipastikan semakin semarak dengan kehadiran naked bike premium Yamaha MT-25 akhir pekan lalu. Ini bagian dari naked volution, revolusi baru Yamaha di kategori motor sport. MT-25, dan ini merupakan bagian dari keluarga MT Series yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu MT-09 dan MT-07.

Dalam merilis produk Sepeda motor versi telanjang dari YZF-R25 ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggunakan tagline “Ini Jalan Penguasa”, yang diklaim Yamaha mempunyai tiga keunggulan yang disodorkan kepada para konsumen yakni desain pure street naked bike, maneuverability aggressive handling dan high performance engine.

Jiwa street naked bike MT-25 menurut William Saputra Promotion Manager PT Surya Timur Sakti Jatim, main dealer Yamaha, tercermin dari tampilan desain bodinya yang kekar dengan karakter MT Series. Body bagian depan lebih berisi dan body belakang compact memperkuat kesan naked bike.

“Dari segi tampilan bodi, desainnya memiliki kesan kekar sehingga mempertegas ciri khas dari keluarga MT. Karakter MT lainnya yang melekat pada MT-25 adalah desain lampu depan yang futuristik bersanding dengan lampu LED di belakang,” jelasnya di Surabaya, Senin (29/6/2015).

Menurut William, desain lekukan cover tangki dan setang lebar MT-25 membuat posisi pengendara lebih tegak sehingga lebih nyaman dan motor mudah dikendalikan serta lincah bermanuver. Begitu juga daya cengkram ke jalan kian maksimal karena MT-25 menggunakan double disc brake yang didukung oleh ban tubeless tapak lebar dan pelek palang sepuluh bahan alumunium alloy.

“Dengan berat 165 kilogram, Yamaha MT-25 menjadi motor paling ringan di kelasnya. Hal yang sama juga berlaku untuk suspensi karena memiliki ukuran lebih besar dan dilengkapi protector,” jelas William.

Peforma MT-25 didukung oleh mesin 250 cc dengan 2 silinder, DOHC, 8 katup, fuel injection yang mampu menghasilkan tenaga 2,6 kW pada 12.000 rpm dan torsi maksimal 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan dan knalpot compact dengan desain sporty, dilengkapi O2 sensor dan catalytic converter yang menghasilkan gas buang ramah lingkungan.

MT-25 juga dilengkapi dengan speedometer yang terintegrasi di dalamnya shift timing light, gear position, clock, odometer, analog meter, trip meter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light, dan self diagnosis.

Dibanderol dengan harga Rp 47.350.000 on the road Jatim (kecuali karisidenan Madiun dan Kediri), MT-25 merupakan motor produksi Indonesia dan pertama kali hadir di dunia.

Naked bike ini juga akan diekspor ke beberapa negara termasuk Jepang. Ada tiga pilihan warna untuk bodi MT-25 yaitu black strike, silver blue, dan red rage.

Kompetitor Sebanding

Kehadiran Yamaha MT-25 di pasar automotif Moge Indonesia tidak sendirian, karena Kawasaki dan Suzuki sudah lebih dulu meluncurkan produk andalan di kelas ini, yaitu Suzuki Inazuma GW250 dan Kawasaki Z250.

Suzuki GW250 atau lebih dikenal dengan Suzuki Inazuma merupakan motor sport-touring, dengan desain khas motor touring Suzuki yang memberikan kenyamanan ekstra lega dengan desain jok bertingkat yang cukup lebar.

Dibekali performa yang tak kalah garangnya dengan kompetitor dikelasnya, motor ini memiliki torsi cukup garang saat putaran bawah hingga menengah. Dibalik tenaganya adalah mesin dua silinder inline berpendingin cairan serta sistem pembuangan ganda.

Mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dengan waktu 9 detik, Suzuki GW250 di jual di Indonesia dengan banderol sekitar Rp 47,5 juta.

Sementara Kawasaki Z250 merupakan motor sport dengan konsep street bike andalan Kawasaki. Kenyamanan berkendara melekat dari desain posisi duduk yang tegak serta setang yang cukup lebar.

Tampilan yang agresif lebih dulu hadir sebelum Yamaha MT 25.
Kawasaki Z250 mengusung mesin 250 cc twin-paralel dengan berpendingin cair. Seperti saudaranya Ninja 250, mesin Z250 mampu menghasilkan daya maksimum 31 Tk dan torsi sebesar 21 Nm. Kawasaki Z250 dipasarkan dengan banderol Rp50,6 juta.

Dua motor ini (GW250 dan Z250) tentunya mempunyai kelebihan dan kekuarangan masing-masing mulai dari desain hingga performa yang diberikan, termasuk masalah harga. Ini tergantung selera, jadi mau pilih yang mana ? (Edmen Paulus)

Leave a Reply