Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akpol Kunjungi Koarmatim

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Sebanyak 745 Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akademi Polri tingkat I Tahun Ajaran 2014/2015 berkunjung ke Koarmatim. Kunjungan itu dalam rangka melaksanakan kegiatan Bhinneka Eka Bhakti, Kamis (11/6/2015).

Kunjungan para taruna dan taruni di Koarmatim

Kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol yang dilaksanakan di Koarmatim bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan Matra Laut/TNI Angkatan Laut khususnya Koarmatim.

“Sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini diantaranya, mengenalkan TNI Angkatan Laut melalui Koarmatim,” kata Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Selain itu kunjungan juga untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang TNI Angkatan Laut terutama Koarmatim, dan tercapainya tingkat integrasi yang tinggi antara Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol.

Rangkaian kegiatan Bhinneka Eka Bhakti di Koarmatim dimulai dari kedatangan para Taruna/Taruni TNI dan Akpol di Pos Penjagaan Candi yang merupakan pintu gerbang utama menuju Mako Koarmatim. Taruna/Taruni menyaksikan kegiatan dan demo prajurit Koarmatim sepanjang Jalan Purwo dari Pos Candi sampai Gedung Panti Armada (PTA).

Kegiatan dan demo prajurit Koarmatim diantaranya, demo Tim Gultor Satkorarmatim, demo Tim Semapore Satranarmatim di atas KRI Pulau Rupat-712, demo Sea Reader Satkopaskaarmatim, demo tim VBSS Satrolarmatim. Termasuk demo naik turun jarring dari Tim Satfibarmatim, demo RAS dari Satkatarmatim, demo PEK dari Satbanarmatim dan demo perahu layar platu dari Satselarmatim.

Setelah menyaksikan rangkaian kegiatan dan demo prajurit Koarmatim di sepanjang Jalan Purwo, para Taruna/Taruni memasuki Gedung PTA untuk mengikuti pengarahan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Dengan didahului rangkaian kegiatan Band Performance Perwira Tidur Dalam Koarmatim, Fashion Show yang menampilkan seluruh uniform TNI Angkatan Laut, pemutaran film profil Koarmatim dilanjutkan pengarahan Pangarmatim didampingi Danjen Akademi TNI Mayor Jenderal TNI Harry Purdianto, S.I.P., M.Sc.

Untuk lebih memberikan pengenalan dan pengetahuan Matra Laut/TNI Angkatan Laut khususnya Koarmatim. Dalam arahannya, Pangarmartim menyampaikan tentang materi tentang tugas, tanggung jawab, peran dan fungsi Koarmatim sebagai Kotama Pembinaan maupun sebagai Kotama Operasional.

Salah satu yang disampaikan Pangarmatim adalah tentang peran universal TNI Angkatan Laut yaitu melaksanakan peran diplomasi. Dimana peran tersebut dilakukan melalui kegiatan antara lain, latihan bersama dengan Angkatan Laut negara asing.

Serta berperan aktif dalam misi perdamaian dunia yang tergabung dalam MTF kontinen Garuda UNIFIL Libanon. Serta melaksanakan muhibah keluar negeri untuk menampilkan kemampuan serta mempromosikan kebesaran bangsa Indonesia ke dunia internasional.

Selesai mengikuti pengarahan Pangarmatim para Taruna/Taruni bergeser ke Dermaga Madura Koarmatim untuk menyaksikan demo fast rope dari Satkopaskaarmatim. Dan demo helly touch and go di Geladak KRI Surabaya-591. Selanjutnya Taruna/Taruni menyaksikan pameran Satuan-Satuan Koarmatim dan open ship. (red/pen)

Leave a Reply