Dituntut 13 Tahun, Sri Fatmawati Pingsan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Sri Fatimah tidak dapat memaham emosinya yang membuat dirinya jatuh pingsan usai mendengarkan Jaksa penuntut Umum (JPU), Fathol Rosyid membacakan tuntutan Faizal Maulana Putra dengan hukuman 13 tahun kurungan penjara, ibu Faizal langsung pingsan.

Faizal merupakan tersangka kasus pembunuhan Dj Aditya Budi Artanto yang tewas di jalan Bung Tomo. Dalam tuntutan itu terdakwa dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam ancaman pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

“Meminta pada majelis hakim agar menghukum terdakwa dengan hukuman 13 tahun penjara dikurangi masa hukuman yang telah dijalani,” ujar JPU, Fathol Rosyid, kemarin (3/12/15).

Dalam pertimbangannya, hal yang memberatkan terdakwa adalah, perbuatan terdakwa telah mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang. Hal yang meringankan, terdakwa dianggap tidak berbelit-belit dalam persidangan.

“Selama persidangan hal yang meringankan terdakwa tidak terbelit-belit, dan berprilaku baik,” kata Fathol.

Atas tuntutan tersebut, Ketua Majelis Hakim Mustofa memberikan kesempatan pada terdakwa untuk membela diri. “Silahkan membuat pledoi sendiri atau nantinya diserahkan pada kuasa hukumnya,” ujarnya dijawab anggukan oleh terdakwa.

Sebelum sidang diakhiri, ibu Faisal sempat menginterupsi hakim. Interupsi ini pun langsung disambut hakim dengan mempersilahkan sang ibu terdakwa mendekat ke hakim.

“Apa yang mau disampaikan bu, silahkan,” ujar hakim Mustofa.

Dengan membawa map warna merah, ibu dari terdakwa Faisal ini menyerahkan selembar kertas yang didalamnya berisi soal perjanjian perdamaian. Ia juga menyampaikan, jika pihaknya telah menyerahkan santunan sebesar Rp 5 juta pada ibu korban, DJ Aditya.

“Perjanjian ini nantinya silahkan dilampirkan bersamaan dengan pledoinya ya,” ujar hakim.

Usai menyerahkan perjanjian ini, ibu dari terdakwa Faisal lantas kembali ke bangku pengunjung. Dari sinilah, ia kemudian terlihat menangis tersengal-sengal usai dipamiti sang anak saat kembali ke ruang tahanan. Tak lama kemudian, ia pingsan dan tubuhnya lunglai lemas tak berdaya.

Beberapa pengunjung, termasuk ibu korban, DJ Aditya berusaha menolong dan membawanya keluar dari ruang sidang. Namun, ia terlihat masih tidak sadarkan diri, meski sudah lebih dari satu jam lamanya. (KS2/RED)

Tags: 

Leave a Reply