20.1 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

Kejati Jatim siapakan Penjara khusus korupsi

SURABAYA (Kabarsurabaya.com) – Penjara khusus untuk narapidana korupsi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim sudah siap untuk digunakan. Kepastian itu setelah Kejati Jatim mendapatkan persetujuan dari kementrian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham) untuk segera mengaktifkan penjara yang ada di Kejati Jatim.

Kepala Kejati Jatim, Elvis Johnny mengatakan, penjara ini diadakan untuk membantu Kejaksaan Negeri (Kejari) yang ada di Jatim, agar lebih mudah saat sidang tindak pidana korupsi, dan biaya lebih ringan.

“Karena pengadilan Korupsi ini hanya ada satu di Jatim dan adanya di Surabaya, jadi mereka bisa mengambil tahanan di Kejati. Dan tahanan yang diserahkan ke sini hanya digunakan untuk tempat singgah sementara,” katanya, Jumat (13/11/2015).

Elvis juga menjelaskan, penjara khusus korupsi ini nantinya berkapasitas sekitar 20 orang dengan lima kamar tahanan dan berada di lantai dua gedung, dimana dalam ruang tahanan itu ada lima kotak lemari kecil untuk meletakkan baju, atau barang milik terpidana korupsi, selain itu ada satu kamar mandi dalam ruangan penjara..

“Sementara untuk masalah teknis dan sumber daya manusia (SDM) yang khusus untuk menjaga penjara khusus korupsi ini, kami masih akan berkordinasi lebih lanjut dengan Kemenkumham,” terang Elvis.

Selama ini, tahanan korupsi dijadikan satu di rumah tahanan (Rutan) kelas 1 Surabaya yang ada di Medaeng. Sementara tahanan dari Kejari yang ada di Jatim, diletakkan di ruang tahanan di daerah. Sehingga hal ini membuat Kejari selalu membawa tahanan itu lebih awal saat sidang, dan harus menunggu lama dimobil tahanan karena tidak ada ruang tahanan khusus. (KS2/Red)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles