12 C
New York
Senin, November 28, 2022

Buy now

Kejati kembalikan berkas ketua dan dua komisioner Bawaslu Jatim

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim mengembalikan berkas tiga tersangka kasus Bawaslu Jatim dalam kasus penyelewengan dana hibah Pilgub Jatim 2013 ke Polda Jatim. Pengembalian berkas tersebut dikarenakan kejaksaan membutuhkan keterlibatan ketua Bawaslu Jatim, Sufiyanto, dan dua komisioner Bawaslu Jatim, Andreas Pardede, dan Sri Sugeng Pujiatmoko secara detail yang membuat Kajati Jatim mengembalikan berkas tersebut.

Kasi Penkum Kejati Jatim, Romy Arizianto mengatakan pengembalian berkas ini penyidik belum menerangkan secara rinci kerugian negara yang menjadi penyebab tersangka harus mempertanggung jawabkannya. Sehingga hal itu yang membuat Kejati Jatim mengambalikan berkas tersebut ke Polda Jatim.

“Kita belum tahu berkas ini akan selesai kapan, jadi kita tidak tahu berkas ini akan dikembalikan lagi ke penyidik Kejaksaan,” katanya, Jumat (30/10/15).

Berkas yang bernomor B/83.A/X/2015/Ditreskrimsus itu diterima penyidik Kejati Jatim sekitar 5 oktober 2015 lalu. Sehingga setelah diteliti penyidik menyatakan berkas tersebut tidak lengkap (P18), sehingga penyidik Kejaksaan langsung mengembalikan berkas tersebut ke Polda Jatim.

“Berkas kita kembalikan ke penyidik Polda tanggal 22 Oktober 2015,” kata Romy.

Sementara itu berkas empat tersangka yang telah ditahan lebih dulu telah dilimpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor). Bahkan Pengadilan Tipikor telah menetapkan jadwal sidang kasus penyelewengan dana hibah Pilgub Jatim itu.

“Kalau tidak salah sidang perdananya, Senin (2/11/15) depan di pengadilan Tipikor,” ungkap Romy.

Kasus ini bermula dari temuan BPKP yang menemukan adanya penyelewengan dana hibah Pilgub Jatim yang mencapai Rp 5,6 miliar. Sehingga dengan adanya laporan dari BPKP tersebut, Polda Jatim langsung melakukan penyelidikan.

Sehingga di dapati sekitar 10 orang tersangka telah ditetapkan sebagai tersangka. Dari sepuluh orang tersangka itu Polda Jatim lebih dulu menahan empat orang tersangka antara lain, Sekertaris Bawaslu, Amru; Bendahara Bawaslu Jatim, Gatot Sugeng Widodo, serta dua orang rekanan bawaslu, Indriyono, dan Ahmad Khusairi.

Sementara itu ketua Bawaslu Jatim, Sufiyanto; serta dua Komisioner Bawaslu, Andreas Pardede, dan Sri Sugeng Pujiatmoko, serta tiga orang rekanan penyedia barang dan jasa yang belum ditahan. Ketua dan dua komisioner Bawaslu Jatim tidak ditahan menunggu selesainya pilkada serentak. (KS2/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,584PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles