8.6 C
New York
Sabtu, Desember 3, 2022

Buy now

Kejati Siap Limpahkan 184 Penyidikan ke Pengadilan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Selama periode 2015 ini Kejaksaan tinggi (Kejati) Jatim telah menerima sekitar 184 penyidikan, dan siap dilimpahkan ke pengadilan tipikor maupun pengadilan negeri.

Jumlah itu didapati dari semua kejaksaan negeri (Kejati) dan Kejaksaan tinggi (Kejati) yang ada di Jatim, selama setahun ini. Namun dari jumlah itu Kejati tengah memproses tiga penyidikan baru yaitu seperti kasus di Sidaorjo, Jember, dan Bangkalan.

Kepala Kejati Jatim, Elvis Johnny mengatakan ketiga penyidikan baru itu saat ini tengah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik kejaksaan. Sehingga hal ini tengah dilakukan penyelidikan lebih lanjut. “Dari tiga itu ada satu yang masuk penyidikan umum, dan ada dua yang masuk penyidikan khusus,” katanya, kemarin (6/11/15).

Meskipun begitu, Elvis masih belum bisa mengungkapkan tiga kasus baru tersebut tersangkut kasus apa. “Tapi kalau gak salah yang Sidoarjo itu masalah sapi, namun saya tidak tahu lebih pastinya,” ungkapnya.

Sehingga dengan jumlah itu maka Kejati Jatim akan mulai siap mendapat pelimpahan dari Kejari di Jatim. “Paling lambat, akhir Desember sudah dilimpahkan semua ke Pengadilan, jadi semua akan tuntas,” tegasnya.

Namun Elvis merasa salah satu kendala akan dialami oleh kasus korupsi dimana, dari Kejari diluar Surabaya dan Sidoarjo akan dibebani biaya yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan mereka harus tiba di pengadilan tipikor harus sebelum dimulainya sidang.

“Misal dari Kejario Banyuwangi yang harus berangkat dari Banyuwangi jam 9 malam, dan tiba di Surabaya subuh, itu tidak bisa langsung masuk dan meletakkan tahanannya ke dalam penjara dan harus di dalam mobil tahanan,” ungkapnya.

Selain itu dalam seminggu pengadilan tipikor melaksanakan dua kali sidang, jadi biaya mereka akan membengkak. “Maka saat itu ada Komisi III datang ke Jatim, kita sampaikan perlu adanya pengadilan tipikor lagi selain di Surabaya jadi itu akan memudahkan kejari yang ada di daerah,” kata Elvis. (KS2/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,592PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles