20.1 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

Miliko Ganja 42 Kg, Dituntut 20 Tahun Penjara

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Ini peringatan bagi mereka yang masih bermain narkoba. Bila tidak ingin bernasib sama dengan Abdul Aziz Baso, 41, warga Bangka Dalam 4 Makasar, dan Kamaruddin, 52, warga jalan Teluk Nibung Barat gang IV, Surabaya.

Keduanya dituntut 20 tahun kurungan penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Eko Nugroho. Keduanya merupakan terdakwa kasus kepemilikan ganja 42 Kg yang hendak dikirim ke Makasar melalui kapal Dobonsolo. Jika hakim meloloskan tuntutan ini sudah dipastikan mereka akan berlama lama mendekam di sel tahaann.

Dua terdakwa saat di PN Surabaya
Sidang yang digelar di ruang Garuda, pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Keduanya dijerat dengan pasal 114 ayat 2, dan pasal 132 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun kurungan penjara.

“Terdakwa Abdul Aziz sendiri sebelumnya pernah terjerat kasus yang sama dan menjalani hukuman penjara, sedangkan terdakwa Kammarudin belum pernah dihukum penjara, maka kita tuntut keduanya dengan hukuman 20 tahun kurungan penjara,” kata Eko Nugroho, kemarin (9/11/15).

Dengan tuntutan itu, Abdul Aziz sempat melamun saat Hakim, Tugiyanto menegurnya untuk mengajukan pembelaan. Sedangkan Kammarrudin langsung mengajukan pembelaan karena dirinya disamakan hukumannya dengan Aziz.

“Pak Hakim saya kok dihukum sama kayak Aziz, saya keberatan pak,” katanya. “Sabar dulu, minggu depan saja jangan sekarang karena agenda pembelaannya minggu depan ya,” kata Tugiyanto.

Dengan tuntutan itu maka Hakim Tugiyanto menunda sidang ini hingga Senin (16/11/15) depan dengan agenda keberatan. “Semua keberatan kamu dengan tuntutan JPU kamu ucapkan entah lewat pengacara kamu atau lewat lisan,” ucapnya.

Seperti diketahui, kasus ini bernula pada 6 Mei 2015, saat itu petugas mencurigai adanya barang yang dibawa oleh salah satu porter saat melewati mesin X-ray pelabuhan gapura surya tanjung perak.

Kecurigaan muncul saat salah satu petugas mencurigai adanya barang yang mencurigakan didalam kardus tersebut, maka petugas langsung menghubungi petuas polres pelabuhan tanjung perak.

Saat dilakukan pengejarang, Polisi berhasil menemukan 42 Kg narkotika jenis Ganja yang disimpan dalam dua kardus. Saat itu juga polisi berhasil mengamankan Kammarudin yang kebetulan pengurus barang tersebut. (KS2/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles