Rujak Cingur Surabaya

rujak-cingur

Surabaya (kabarsurabaya.com) – Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional Surabaya. Disebut juga salad dari Surabaya, makanan ini berisi irisan buah ketimun, mangga muda, bengkoang, nanas, kedondong, dan sayur-sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang serta ditambah dengan lontong, tahu, tempe, bendoyo, dan cingur.

Semua bahan diatas selanjutnya di tuangkan bumbu uleg diatasnya, yang tebuat dari petis, cabe, kacang dan bumbu2 lain. Yang membedakan rujak cingur dengan rujak lain dalah, cingurnya itu sendiri.  Bagi yang tidak tahu apa itu cingur, cingur merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya mulut, merujuk pada irisan moncong atau mulut sapi yang dicampurkan.

Adanya berbagai buah dan petis membuat rasa rujak cingur menjadi campur aduk antara asam, manis, dan pedas. rujak cingur biasanya di makan dengan ditemani krupuk.

Berikut adalah tempat penjual Rujak Cingur yang terkenal disurabaya:

RUJAK CINGUR ACHMAD JAIS
Rujak Cingur Ahmad Jais, rujak cingur yang satu ini bisa dikatakan sebagai rujak yang paling eksklusif se-Indonesia, atau mungkin di seluruh dunia. Karena dilihat dari harganya saja sangat jauh berbeda dengan rujak cingur yang sering kita jumpai, seporsi rujak cingurnya dibandrol 45ribu rupiah. Dari tahun-tahun awal dirintisnya usaha ini, harganya memang jauh diatas rata-rata.
tidak ada papan nama, sign board atau spanduk yang terpasang disana. Setelah memasuki jalan Ahmad Jais sekitar ±400 meter dari arah timur, dari tepi jalan hanya terlihat sebuah rumah yang cukup besar dengan sebuah ruang kecil di sisi kirinya. Kalau dilihat dari ruangannya, siapa pun tidak akan menyangka kalau harga rujaknya mencapai 45ribu per porsi. Usaha ini dirintis oleh Ny. Ng Giok Tjoe ketika Beliau berusia ±42 tahun.
rujak cingur yang matengan, hanya terdiri dari sayuran kangkung dan taoge, beberapa potong tempe goreng, irisan tahu goreng dan cingur dengan bumbu yang cukup melimpah di atasnya. Rujaknya memang enak dengan porsi yang cukup besar, cukup untuk dinikmati 2 orang. Petisnya terasa lembut (terkadang rujak cingur ada yang petisnya masih agak kasar) dan kacangnya sedikit renyah, karena masih agak kasar. Cingurnya empuk, bersih dan baunya tidak tercium sama sekali, tempe gorengnya juga enak, ketika dimakan masih kriuk-kriuk karena digoreng kering seperti keripik. Sedangkan rujak cingur sendiri biasanya ada irisan buah-buahannya, seperti mentimun, mangga atau bengkuang.

RUJAK CINGUR GENTENG DURASIM
di warung yang letaknya persis di belakang Hotel Weta Jl. Genteng Kali ini menawarkan pilihan Campur atau Matengan. Campur berarti campur irisan buah, sayur, lontong, tahu, tempe, dan timun/ benduyo (timun matang). Kalau Matengan berarti sedikit atau bahkan tanpa irisan buah. Isinya lebih ke bahan yang sudah matang. Nggak cukup di situ, RCGD juga memberikan 2 pilihan rujak yang bisa dinikmati. Spesial dan biasa. Kalau spesial, menggunakan full cingur yang luar biasa endes kalau biasa, pakai campuran cecek/ kulit sapi yang memiliki struktur dan fisik mirip cingur.
Harganya? Jelas beda dong! Untuk Rujak Cingur Biasa dipatok 17 ribu rupiah perporsi. Sedangkan yang Spesial dibanderol seharga 30 ribu rupiah. Meski harga cukup selangit buat saya, karena rasa yang enak dan fenomenal sejak Indonesia belum merdeka, ternyata pelanggannya pun nggak main-main. Mulai dari sekitar Surabaya, luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri!! Saat gelaran APEC di Surabaya, RCGD diundang Walikota untuk menyajikan sajian Rujak Cingur pada 1500 peserta APEC dari 21 negara yang berbeda.
Begitu terkenalnya RCGD ini,beberapa awak media dan artis juga kerap bertandang saat berkunjung ke Surabaya. Di dindingnya ada beberapa foto hasil liputan beberapa media yang pernah berkunjung.

RUJAK CINGUR SK DELTA
Rujak cingur delta adalah salah satu rujak cingur yang terkenal enak di surabaya. Resto rujak cingur delta merupakan salah satu resto rujak cingur favorit di surabaya. Nama rujak cingur delta diambil dari tempat rujak cingur itu pertama kali didirikan, yaitu di delta plaza surabaya. Kemudian rujak cingurnya lebih dikenal dengan nama rujak cingur delta.
Rujak cingur delta mempunyai cabang di jalan kemiri surabaya.
Bila anda singgah di surabaya, jangan lupa mampir ke resto rujak cingur delta dan makan rujak cingur delta.

(disarikan dari berbagai sumber)

Leave a Reply