AL Philipina Pesan Dua Kapal ke PT PAL Indonesia

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Angkatan Laut Philipinamemesan dua kapal ke PT PAL Indonesia. Saat ini pengerjaan dua Kapal jenis SSV (Strategic Sealift Vessel) itu sudah mulai dilakukan.Untuk menandai pengerjaan sudah dilakukan fist stell cutting atau pemptongan pelat pertama) pada Januari lalu untuk pesanan kapal ke-1, kini dilakukan prosesi peletakan lunas (Keel Laying) berupa pengelasan pertama yang bertempat di bengkel assembly PT PAL Indonesia.

Dirut PT PAL Indonesia, Mohammad Firmansy Arifin, mengatakan pada Acara Kell Laying & Steel 9utting SSV Philiphina Kapa Ke-1 & KE-2 di Bengkel Assembly Divisi Kapal Niaga, PT PAL INDONESIA (Persero), Jl. Ujung Surabaya.

” SSV pesanan Filipina ini memiliki keunggulan khusus untuk negara kepulauan. Dirancang digunakan untuk keperluan perang dan non perang. Misalnya untuk penanganan bencana, kapal ini dapat dijadikan rumah sakit apung dan SAR,” kata M Firmansyy Arifin, Jumat (5/6/2015).

Firmansyah mengatakan, untuk tahap Keel Laying kapal SSV ke-1 ini, cukup dengan meletakkan 1 buah blok konstruksi kapal di dalam Graving Dock 50.000 DWT (deadweight tonnage).
“Namun secara realisasi pembangunannya mampu membangun 9 buah blok konstruksi yang digabung,” terangnya.

Pesanan angkatan laut Filipina ini merupakan alutsista perta yang diekspor oleh Indonesia. Hal itu sebagai pembuktian positioning PT PAL Indonesia di dunia internasional.

Sementara itu, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Philipina (Vice Commander Philippina Navy) RADM CAESAR C Taccad mengatakan, alasan memilih PT PAL mengerjakan proyek kapal perang ini dikarenakan PT PAL telah menang proses lelang.

Selain, dengan bekerjasama dengan PT PAL, Philipina juga bekerjasama dengan TNI AL dalam sinergi milter
Sekedar diketahui, PT PAL Indonesia menerima order pemesanan 2 SSV (Strategic Sealift Vessel) dari angkatan laut Filipina.
SSV pesanan Filipina ini didesain dengan panjang kapal 123 meter, lebar 21,8 meter dan diawaki 121 crew dan mampu mengangkut 681 pasukan dengan daya angkut hingga 10.300 ton serta mampu merapat di kedalaman hanya 6 meter.

Kapal SSV ini memiliki jarak tempu 9.360 mile laut dengan kecepatan 16 knot dengan mesin berkapasitas 2X 2.920 kw. Dua kapal jenis SSV yang masing-masing seharga 1 triliun ini dapat membawa dua helikopter, kapal Landing Craft Utililty (LCU), Landing Craft Vehicle Personel (LCVP), tank hingga truk militer.(red)

Leave a Reply