-1.8 C
New York
Sabtu, Januari 23, 2021

Buy now

Bawaslu RI Apresiasi Keputusan KPU Perpanjang Masa Pendaftaran 3 Hari




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menerima rekomendasi Bawaslu RI dengan memperpanjang masa pendaftaran Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk 7 kabupaten/kota yang memiliki pasangan tunggal pada Pilkada serentak 2015 selama 3 hari, yakni mulai 9 – 11 Agustus mendatang.

Bawaslu RI kunjungi Kantor Panwaslu Surabaya di Jalan Arief Rahman Hakim, Kamis (6/8/2015)
Ketua Bawaslu RI, Muhammad, saat menghadiri rapat koordinasi di kantor Panwaslu Kota Surabaya mengatakan, bahwa pihaknya menghormati keputusan yang diambil oleh KPU.

“Keputusan teman-teman KPU RI memperpanjang masa pendaftaran pasangan calon tentu dilandasi pertimbangan tertentu. Saya kira KPU punya pertimbangan sendiri,” ujarnya di Kantor Panwaslu Surabaya di Jalan Arief Rahman Hakim, Kamis (6/8/2015).

Pihaknya berharap dengan adanya keputusan perpanjangan pendaftaran pilkada partai politik bisa segera mendaftarkan pasangan calon. Adapun Bawaslu siap melakukan tugasnya melakukan pengawasan, karena memang tegas Bawaslu adalah sebagai pengawas teknis pelaksanaan pemilu. Sedangkan KPU adalah pihak yang sangat tahu dan paham perihal teknis penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Teman-teman KPU khan yang lebih mengerti soal teknis dan harapan kita parpol bisa segera mendaftarkan calonnya. Kita siap melakukan pengawasan,” tuturnya.

Muhammad mengaku, sebenarnya Bawaslu memberikan rekomendasi ke KPU-RI selama 7 hari. Alasannya, memberi kesempatan bagi partai politik mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan persiapan pendaftaran.

Dan rekomendasi yang diberikan berlandaskan pada UU 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Tujuannnya, untuk memastikan pelaksanaan Pilkada serentak berjalan sesuai ketentuan.

“Dalam UU No 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu, memang ada wewenang Bawaslu untuk memberikan rekomendasi kepada KPU pusat untuk memastikan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sesuai dengan ketentuan,” terangnya.

Pihaknya menuturkan, memang jika dilihat, hal ini bertentangan dengan PKPU No 12 tahun 2015. Dimana jika hanya ada satu calon pasangan tunggal maka Pilkada akan ditunda hingga 2017. Tetapi, Bawaslu diberikan kewenangan oleh KPU pusat untuk mengoreksi PKPU tersebut sehingga bisa memberikan rekomendasi.

“Kita (Bawaslu) melihat ini masih ada celah yang masih bisa digunakan oleh parpol lain untuk mengusung calonnya,” tegasnya.

Muhammad menegaskan, perpanjangan masa pendaftaran tahap III ini, tidak berpengaruh terhadap tahapan Pilkada yang sudah ditetapkan, karena KPU bisa mengurangi masa kampanye yang cukup panjang yakni 100 hari.

“KPU bisa mengurangi masa kampanye, kemudian menambah waktu pendaftaran. Dan ini bukan pelanggaran,” terangnya.

Dengan adanya kepastian dibukanya pendaftaran kembali bagi calon kepala daerah dan wakilnya untuk mengikuti Pilkada 2015, tentu akan ada perbaikan atau revisi pada PKPU 12 tahun 2015 tentang pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Nanti ada revisi PKPU, selanjutnya KPU berwenang untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Pihaknya datang ke Panwaslu Surabaya tersebut untuk menyampaikan hasil keputusan rapat terkait pembahasan PKPU yang dilakukan dengan KPU Pusat, Presiden RI, DPR RI, serta seluruh pimpinan partai politik, Rabu (5/8/2015).

Dalam rapat yang digelar di Istana Bogor Jakarta tersebut, Bawaslu memberikan rekomendasi kepada KPU pusat untuk menambah masa pendaftaran selama 7 hari di daerah Kabupaten dan Kota yang masih mempunyai calon tunggal agar memberikan kesempatan kepada parpol lain untuk mengusung calon terbaiknya.

“Tapi jika seandainya sudah diperpanjang dan tidak ada yang daftar maka dengan sangat terpaksa 7 Kabupaten/Kota ini akan menunda Pilkada sampai 2017,” tambahnya. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,397FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles