-0.5 C
New York
Minggu, Januari 24, 2021

Buy now

Bank Indonesia : 5 Komoditas Sudah Naik Jauh Sebelum Ramadhan




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Hasil survey yang dilakukan Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Jawa Timur (Jatim) ternyata telah menunjukkan adanya kecenderungan kenaikan beberapa komoditas di pasaran.

Kepala BI Kantor Perwakilan Jatim, Benny Siswanto, dalam Bincang-Bincang Media (BBM), di kantor BI Surabaya, Senin (25/5/2015).
Menurut Kepala BI Kantor Perwakilan Jatim, Benny Siswanto, paling tidak, sudah ada 5 komoditas yang mengalami kenaikan menjelang ramadhan meski waktunya masih cuklup lama.

“Dari hasil survey kami, sudah terdapat kenaikan untuk 5 komoditas di pasaran yaitu telor ayam ras, daging ayam ras, bawang merah, bawang putih dan cabe merah,” kata Benny dalam Bincang-Bincang Media (BBM), Senin (25/5/2015).

Menyusul temuan ini, Benny mengatakan sudah merapatkan secara terbatas bersama instansi terkait lainnya bersama dengan tim dari provinsi Jawa Timur. Dan dalam rapat terbatas itu, Benny mengungkapkan bila beberapa instansi sudah melakukan komitmennya untuk menjaga agar kenaikan harga bisa terkendali.

“Salah satu instansi yang sudah menyatakan komitmennya adalah PT Pertamina yang tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak hingga Lebaran atau hari raya Idul Fitri pada pertengahan Juli 2015.” Jelas Benny.

Selain itu menurut Benny, pihak Bulog maupun tim Pemprov Jatim sudah komitmen untuk menjaga agar stok sembako aman, terutama beras.

Sementara untuk mengatasi inflasi yang cenderung akan naik seiring dengan kenaikan harga sembako, Benny menyebutkan, pihaknya sudah berkomitmen dengan instansi terkait melalui operasi pasar. Operasi pasar akan dilakukan oleh Bulog dan Pemprov Jatim di beberapa titik.

“Tak hanya itu, Pemprov juga sudah menyiapkan anggaran subsidi ongkos angkut, sehingga kenaikan dari rantai distribusi bisa dikurangi,” tandas Benny. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,397FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles