Calon Perwira Remaja AAL Diberi Pembekalan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Sebanyak 99 taruna AAL Angkatan ke-60 yang akan segera menapaki langkah awal sebagai perwira remaja menerima pembekalan. Mereka diberi bekal oleh 2 (dua) komandan dan 1 (satu) direktur yang memiliki profesi berasal dari satuan-satuan khusus TNI AL di auditorium Mandalika, AAL, Kamis (18/6).

Ketiga mantan komandan di satuan khusus yang memberikan pembekalan tersebut, merupakan pejabat dilingkungan Akademi Angkatan Laut. Yakni mantan komandan yang memiliki profesi yang berasal dari Satuan Kapal Selam Koarmatim (Satkasel Armatim), Batalyon Intai Amphibi dan Satuan pasukan katak.

Dalam kesempatan itu, ketiga mantan komandan satuan khusus tersebut memberikan gambaran mengenai tugas-tugas yang dilaksanakan satuan masing-masing. Hal ini untuk memberikan motivasi kepada para taruna yang sebentar lagi akan dilantik menjadi perwira remaja.

Dirrenbang AAL Kolonel Laut (P) Tunggul Suropati, S.E yang mantan Komandan Satuan Kapal Selam memberikan gambaran tentang tugas-tugas pokok satuan kapal selam diantaranya sebagai satuan untuk penyelenggaraan peperangan anti kapal permukaan, anti kapal selam dan intai taktis serta strategis.

Sedangkan Komandan Resimen AAL Kolonel Mar Suhartono yang merupakan mantan Komandan Detasemen Jalamengkara dan Satuan Intai Amphibi memberikan gambaran tentang tugas-tugas pokok satuan intai Amphibi.

Diantaranya sebagai satuan untuk membina dan menyediakan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur intai guna pelaksanaan tugas-tugas pengintaian amphibi, pengintaian darat, operasi pertahanan pantai, operasi pertahanan pangkalan, operasi khusus dan tugas operasi lainnya.

Sementara itu mantan Komandan di Satuan Pasukan Katak (Satpaska) Mayor Laut (E) Berny Hariyanto Hunsam, S.T. memaparkan tentang fungsi khusus pasukan katak sebagai salah satu pasukan khusus yang berperan dalam operasi.

“Khususnya operasi anti teror aspek laut, anti sabotase, clandestein, combat SAR dan lain sebagainya,” ujar Mayor Laut (E) Berny Hariyanto.

Terlihat antusiasme para calon perwira remaja dalam menerima pembekalan dari ketiga senior mereka yang memiliki prestasi dalam profesinya masing-masing. Hal ini penting untuk memberikan dan meningkatkan motivasi profesi diluar korps yang telah mereka ketahui selama di akademi kepada para calon perwira remaja. Tampak mereka bertanya tentang ketiga profesi khusus yang telah dipaparkan.

Usai pembekalan dan paparan dari ketiga satuan khusus, Ketiganya menutup dengan berbagai penjelasan tentang profesinya setelah sebelumnya menjelaskan kepada para calon perwira remaja untuk dapat memahami dan bila berminat terhadap profesi khusus tersebut bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan bakat serta minat masing-masing. (red/pen)

Leave a Reply