Diknas Jatim Gelar Pamerkan Pusat Kegiatan Belajar Non Formal

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menggelar pameran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI), dengan tema “Melalui LKP dan PKBM kita tingkatkan Kompetensi Masyarakat”.

Pameran yang diadakan di Surabaya Town Square [SUTOS] Surabaya, dan digelar mulai 26-29 Oktober 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan generasi muda pada era perdagangan global di Masyarakat Ekonomi Asean akhir tahun ini.

Kepala Bidang Pendidikan Formal, Informal dan Nilai Budaya, M.Nasor mengatakan, dengan adanya pameran ini, diharapkan para lembaga kursus nonformal dapat meningkatkan potensi yang dimilikinya untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun ini.

“Dengan pameran ini, kami berharap agar para siswa-siswi dan para pengajarnya bisa menjadi lebih baik lagi dengan cara pelatihan life skill pada lembaga non formal seperti lembaga pelatihan, kursus serta PKBM,” katanya.

Pameran ini diikuti oleh 50 lembaga pelatihan, kursus keterampilan serta pusat kegiatan PKBM yang menawarkan berbagai skill dan keahlian ini, sekaligus untuk menunjukkan perlunya lembaga non formal, untuk menunjang keterampilan para siswa, agar bila melangkah ke dunia usaha dapat bersaing dengan potensi yang dimilikinya.

“Keberadaan lembaga pelatihan dan PKBM jelas memiliki pengaruh besar dalam pendidikan non formal, karena sangat membantu menyelesaikan suatu hal yang tidak bisa diselesiakan di jalur pendidikan formal,” terang Nasor. (Ep)

Leave a Reply