Dishub dan LLAJ Jatim Siapkan Mudik dan Balik Gratis

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Prov Jatim kembali mengadakan mudik dan balik lebaran gratis untuk masyarakat Jatim.

Untuk tahun ini, seperti dikemukakan Sumarsono selaku Ketua Pelaksana Panitia Penyelenggara Angkutan Lebaran Terpdadu, Pemprov Jatim menyiapkan tiga jenis angkutan mudik gratis, yakni bus, kapal laut jalur khusus dan kereta api.

“Untuk angkutan bus, disediakan sebanyak 611 bus dengan rincian 410 bus murni kegiatan dilakukan Pemprov Jatim melalui Dishub dan LLAJ, sementara sisanya akan dipakai mudik yang diselenggarakan oleh Pemkab Sidoarjo, Tulungang Banyuwangi, Jember, PT Jasa Raharja Jatim, Kadin Jatim, Indomart, dan Radar Surabaya,” jelas Sumarsono, akhir pekan kemarin.

Selain bus, lanjutnya, untuk kapal laut jalur khusus, pihaknya menyiapkan 3 buah kapal dengan total akan melayani 12 trip dengan mengangkut sebanyak 2.400 penumpang untuk beberapa rute mulai Surabaya-Masalembu, Kalianget-Kangean hingga Banyuwangi-Sapeken.

”Untuk pendaftaran mudik melalui kapal laut dimulai 22 Juni hingga 16 Juli mendatang, dan dilaksanakan di kantor Dishub dan LLAJ Jatim Jl A Yani 268 dan Jl Jemur Andayani no 1. Selain juga di kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan setempat,” terangnya.

Sementara pelaksanaan pemberangkatan mudik melalui transportasi laut dimulai tanggal 11 hingga 16 Juli mendatang. Untuk syarat dapat mengikuti mudik gratis melalui moda kapal laut, masyarakat cukup menyerahkan fotocopy KTP atau KK yang masih berlaku.

“Untuk kereta api, pendaftaran bisa dilakukan di stasiun terdekat yang saat ini tiket sudah bisa diambil. Pendaftaran sudah dibuka dan cukup menyerahkan fotocopy KTP ataupun KK yang masih berlaku,” terangnya.

Selain mengangkut penumpang, Dishub Jatim juga membuka pendaftaran untuk mengangkut kendaraan berupa sepeda motor. Direncanakan, pemberangkatan kendaraan roda ini dilaksanakan sebelum diberangkatkan pemudik sehari menjelang pemberangkatan pemudik.

Disisi lain, Kasi Akreditasi Sarana dan Prasarana Bidang Lalu Lintas Dishub dan LLAJ Jatim, Gatot Soebroto mengatakan, bagi masyarakat yang berminat ingin mengikuti mudik untuk kendaraan roda duanya, dapat menyertakan beberapa persyaratan diantaranya, mengumpulkan fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Pendaftaran mudik motor ini dilaksanakan pada 27 Juni hingga tiket habis,” ujarnya.

Dengan adanya mudik seperti ini otomatis juga mengurangi beban kendaraan di jalan raya selama arus mudik lebaran. Selain juga bisa meminimalisasi kemungkinan adanya kecelakaan di jalan raya akibat menggunakan mudik dengan kendaraan bermotor roda dua. (Edmen Paulus)

Leave a Reply